Keutamaan Surah Al-Fath

1
8894

BincangSyariah.Com – Surah Al-Fath adalah salah satu surah dalam Al-Qur’an  yang terdiri dari 29 ayat dan menempati urutan ke 48. Surah ini termasuk golongan surah Madaniyyah. Disebut surah Al-Fath (kemenangan) adalah disebabkan karena surah ini dimulai dengan berita gembira tentang kemenangan yang nyata (fathun mubin).

إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُّبِينًا

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata. (Q.S. Al-Fath/48: 1)

Surah yang turun setelah sekembalinya Nabi saw. dari Hudaibiyyah ini adalah surah yang sering dibaca ulang-ulang oleh Nabi saw. ketika di kendaraan.

عن عبد اللَّه بن مغفّل قال: قرأ رسول اللَّه صلّى اللَّه عليه وسلّم عام الفتح – أي فتح مكة – في مسيره سورة الفتح على راحلته فرجّع فيها. أخرج أحمد والبخاري ومسلم

Dari Abdullah bin Mughaffal, ia berkata, “Rasulullah saw. ketika tahun fathu Makkah (penaklukkan kota Makkah) membaca surah Al-Fath di perjalanan di atas kendaraannya, lalu beliau mengulang-ulangnya. (HR. Ahmad, Al-Bukhari, dan Muslim).

Selain itu, menurut Nabi saw., surah ini lebih beliau cintai dari pada dunia dan seisinya. Bahkan surah yang dapat meleburkan dosa yang telah lalu dan yang akan datang. Hal ini sebagaimana disampaikan beliau dalam hadis berikut.

عن عمر بن الخطاب رضي اللَّه عنه أن النبي صلّى اللَّه عليه وسلّم قال: «نزل علي البارحة سورة هي أحب إلي من الدنيا وما فيها: إِنَّا فَتَحْنا لَكَ فَتْحاً مُبِيناً. لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ ما تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَما تَأَخَّرَ». رواه أحمد والبخاري والترمذي والنسائي

Dari Umar bin Al-Khattab r.a., bahwasannya Nabi saw. bersabda, “Telah turun kepadaku tadi malam, surah yang lebih aku cintai dari pada dunia dan seisinya. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata. Niscaya Allah akan mengampuni dosamu yang telah lalu dan yang akan datang.”

Baca Juga :  Tujuh Surah Ini Diakhiri dengan Ayat Tauhid, Apa Saja?

Demikianlah keutamaan surah Al-Fath, surah yang turun sebagai berita gembira umat Muslim atas kemenangannya berhasil menaklukkan kota Mekkah. Bahkan atas wujud kegembiraan dan syukurnya Rasulullah saw. mengulang-ulang surah ini ketika di perjalanan, serta lebih mencintainya dari pada dunia dan segala isinya. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

1 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Salah satu surah dalam Al-Quran adalah surat al-Fath, yang berarti kemenangan. Surah ini disebut dengan surah madaniah, yaitu surah yang turun ketika Nabi Muhammad berdomisili ketika berada di Madinah. Menurut para ahli tafsir, surat ini merupakan kelanjutan dan jawaban atas surat lainnya, artinya munasabat baina al-Suwar (korelasi antara satu surat al-Quran dengan surat yang lainnya). (Keutamaan Surah al-Fath) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here