Keutamaan Bilal bin Rabah

0
912

BincangSyariah.Com – Bilal bin Rabah adalah salah satu sahabat yang sangat familiar sepanjang masa. Betapa tidak, ia merupakan sahabat berkulit hitam yang mendapat tugas mulia menjadi muadzin Rasulullah saw. Ia juga dikenal sebagai sahabat yang rela disiksa majikannya demi mempertahankan keimanannya.

Sahabat berkebangsaan Ethiopia (Habasyi) ini memiliki suatu keistimewaan dibanding sahabat lainnya. Yakni Rasulullah saw. pernah mendengar di suatu malam suara gesekan sandal Bilal di surga. Lalu apa amalan yang dilakukan Bilal hingga sudah ada tanda-tanda ia akan masuk surga? Bahkan sandalnya sudah berhak menapaki tanah surga?

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لِبِلاَلٍ عِنْدَ صَلاَةِ الْغَدَاةِ « يَا بِلاَلُ حَدِّثْنِى بِأَرْجَى عَمَلٍ عَمِلْتَهُ عِنْدَكَ فِى الإِسْلاَمِ مَنْفَعَةً فَإِنِّى سَمِعْتُ اللَّيْلَةَ خَشْفَ نَعْلَيْكَ بَيْنَ يَدَىَّ فِى الْجَنَّةِ ». قَالَ بِلاَلٌ مَا عَمِلْتُ عَمَلاً فِى الإِسْلاَمِ أَرْجَى عِنْدِى مَنْفَعَةً مِنْ أَنِّى لاَ أَتَطَهَّرُ طُهُورًا تَامًّا فِى سَاعَةٍ مِنْ لَيْلٍ وَلاَ نَهَارٍ إِلاَّ صَلَّيْتُ بِذَلِكَ الطُّهُورِ مَا كَتَبَ اللَّهُ لِى أَنْ أُصَلِّىَ. (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda kepada Bilal ketika (selesai) shalat Shubuh. “Wahai Bilal, ceritakan kepadaku amal yang paling engkau harapkan manfaatnya yang telah engkau kerjakan dalam Islam, karena sungguh tadi malam aku mendengar suara (gesekan) sandalmu di depanku dalam surga.” Bilal berkata, “Aku tidak pernah melakukan amal di dalam Islam yang paling aku harapkan manfaatnya di sisiku daripada (amal) yang sungguh aku tidak bersuci dengan sempurna (berwudhu) di waktu malam maupun siang kecuali aku melaksanakan shalat sebab bersuci itu yang telah Allah tetapkan kepadaku untuk aku laksanakan.” (HR. Muslim)

Baca Juga :  Sabda Nabi tentang Sepuluh Tanda-tanda Hari Kiamat

Berdasarkan hadis tersebut menunjukkan bahwa keutamaan Bilal bin Rabah adalah ia selalu menjaga wudhunya di siang dan malam hari. Tidak hanya itu, setelah berwudhu ia akan melaksanakan shalat dua rakaat, yang dikenal dengan shalat sunnah wudhu. Oleh karena amal yang selalu ia lakukan itulah yang dapat menghantarkan ia masuk surga. Bahkan Rasulullah saw. telah diperdengarkan suara gesekan sandalnya di surga. Wa Allahu A’lam bis Shawab.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here