Keunikan Pakistan Sebagai Negara Islam

0
39

BincangSyariah.Com – Salah satu negara Islam yang jarang disorot adalah Pakistan. Nama negara ini berasal dari bahasa Persia dan Urdu, yang berarti “Daratan Suci”.

Nama tersebut diberikan oleh Choudary Rahmat Ali (1893-1951) pada 1933 yang menggunakan akhiran “istan” dari Baluchistan. Perubahan terjadi dalam Konstitusi 1956 menjadi Republik Pakistan

Pakistan adalah satu-satunya Negara Islam yang memiliki seorang Jenderal perempuan dalam militernya yakni Mayor Jenderal Shahida Malik, seorang jenderal perempuan pertama di Pakistan dengan pangkat bintang dua.

Selain itu, ada juga Namira Salim yang merupakan orang Pakistan pertama yang pergi ke ruang angkasa. Dia resmi dianggap sebagai “Astronot Pakistan Pertama” oleh pemerintah Pakistan pada 2006.

Dalam segi peradaban, negara Islam Pakistan memiliki Masjid Shah Faisal di Islamabad yang bisa menampung jamaah sebanyak 100.000 orang. Masjid tersebut selesai dibangun pada 1976 dengan mendapat bantuan dari Saudi Arabia.

Yang istimewa dari negara ini adalah bahwa Paksitan memili Malala Yousafzai, seorang gadis muda Pakistan yang memperoleh perhatian internasional karena ditembak tentara Taliban di kepalanya yang hampir merenggut nyawanya.

Ia lahir di kota kecil di Pakistan, Mingora dan memenangkan Nobel Perdamaian pada tahun 2014. Ia menyuarakan pendidikan bagi kaum wanita seluruh dunia meski di bawah ancaman Taliban.

Malala bertemu presiden Obama dan keluarganya pada tahun 2013. Ia mendirikan Malala Fund yang bergerak dalam pendidikan kaum wanita atau organisasi-organisasi kecil di Negara-negara seperti di Pakistan, Nigeria, Kenya, dan Yordania.

Ia memperjuangkan pendidikan perempuan sejak umur 11 tahun. Malala mencurahkan kehidupannya di bawah pemerintahan Taliban melalui blog untuk BBC.

Peradaban lain yang ada di Pakistan adalah Mehrgarh di pulai Kachi Balochistan, peninggalan kampung pertanian di dataran tinggi Indus Pakistan sejak tahun 6000 SM. Pakistan juga memiliki Takht Bhai, yaitu komplek biara Buddhis tahun 1 SM, yang tercatat sebagai UNESCO World Heritage Site.

Beragam keistimewaan di negara Pakistan membuat negara ini menjadi salah satu Negara Islam yang unik di dunia.[] (Baca: Muhammad Iqbal: Penyair dan Filsuf dari Pakistan)

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here