Ketika M. Quraish Shihab Berbicara Rahasia Huruf Nun

1
33

BincangSyariah.Com – Seperti diakui oleh Najwa Shihab sendiri, ia seringkali ditanya mengapa namanya sendiri, kakak dan adiknya, serta beberapa keponakan atau cucu perempuan Abi M. Quraish Shihab seluruhnya diawali dengan huruf n. Ia sendiri memiliki Najwa, memiliki kakak bernama ibu Najeela Shihab. Najwa sendiri memiliki adik bernama Nasywa Shihab dan Nahla Shihab. Beberapa cucu Quraish Shihab memiliki nama misalnya Nayyirah dan Nisrin.

Abi M. Quraish Shihab punya jawaban menarik tentang rahasia huruf nun dan mengapa nama putri dan cucunya banyak diawali dengan huruf tersebut dengan nama-nama mereka dalam bahasa Arab. Dalam salah satu sesi Shihab & Shihab berjudul Najwa, Najeela, Nasywa, Nahla dan Huruf Nun yang Istimewa, Abi M. Quraish Shihab menjelaskan ketika ditanya oleh Najwa Shihab soal awal huruf dari semua anak perempuannya menggunakan huruf nun.

Abi Quraish memulai dengan penjelasan menarik tentang salah satu fenomena kebahasaan dengan membandingkan jumlah kata dalam bahasa Arab dan bahasa-bahasa lainnya. “Huruf dalam bahasa Arab itu ada 29. Sementara huruf latin (diantaranya digunakan dalam bahasa Indonesia dan Inggris) jumlahnya ada 26. Namun, dari 29 huruf Arab itu, diperkirakan ada 12 juta kata dalam bahasa Arab. Sementara dalam bahasa Inggris dan Perancis, tidak lebih dari 7 juta.”

Selanjutnya, terang Abi Quraish, semua bahasa baik dalam bahasa Arab maupun bahasa lainnya, tentu terdiri dari huruf dan rangkaian huruf-huruf. Begitu juga bahasa Arab dalam Al-Quran, juga tersusun dari huruf dan rangkaian huruf-huruf. “Tapi beda tidak antara huruf dan rangkaian huruf-huruf yang digunakan oleh manusia dengan yang “dipilih” untuk digunakan oleh Allah Swt. dalam Al-Qur’an ? Tentu jawabannya berbeda”, tegas Abi Quraish.

Itu mengapa menjadi penjelasan awal, mengapa Allah dalam firman-Nya di dalam Al-Qur’an ada yang menggunakan satu huruf saja, tapi ada juga yang menggunakan rangkaian huruf sehingga terbentuklah berbagai kata dan kalimat. Misalnya, dalam surah al-Qalam, di ayat pertamanya adalah “Nun”, lalu dilanjutkan dengan wa al-qalami wa maa yasthuruun (2) maa anta bi ni’mati rabbika bi majnuun (3) (al-Qalam: 1-3). Pertanyaannya, mengapa huruf nun digunakan di ayat pertama sebagai firman berupa sumpah Allah Swt. dan setelahnya berbicara bahwa Nabi Saw. bukanlah orang gila? Berikut sejumlah penjelasan tentang rahasia huruf nun dari al-Ustadz M. Quraish Shihab.

  1. Huruf Nun dikategorikan sebagai dzalaqiyyah, yaitu huruf yang keluarnya dari upaya menekan ujung lidah ke ujung langit-langit. Sama dengan lam. Namun meskipun berada di ujung, ia tetap mudah dilafalkan. Ada banyak huruf yang dilafalkan di ujung lidah atau mulut, semisal shod
  2. Huruf nun selain sebagai salah satu huruf, dengungnya saja sudah memiliki makna. Misalnya kata ajru yang berarti pahala, tapi jika dibaca di akhir dengan dengung (dengan nuansa huruf nun) sehingga dibaca ajrun (dengan dhommah tanwin), maknanya menjadi pahala yang sangat besar.
  3. Nun sendiri memiliki makna yang berdiri sendiri, tanpa dilekatkan bersama huruf lain menjadi sebuah kata. Nun bisa bermakna ikan yang menelan Nabi Yunus. Bisa juga bermakna tinta. Bisa juga bermakna lauh, yaitu suatu media untuk menuliskan sesuatu seperti kertas atau apa saja yang bisa ditulis dengan alat tulis. Bisa juga bermakna mata pisau. Bisa bermakna berita. Ini baru sebagai huruf saja.
  4. Semua kata dalam bahasa Arab yang diawali dengan huruf nun, seluruhnya memiliki dimensi makna kejelasan, ketajaman, kekuatan, keagungan, kebesaran, dan keluasan. Misalnya, nuur (cahaya) ; naar (api) ; nayl (perolehan) ; numuww (pertumbuhan) ; naba’ (berita yang tersebar luas). Atau kata yang lain lagi, misalnya nama-nama anak Abi Quraish, misalnya Najlaa’ (mata yang terbuka, dalam pengertian pemahaman yang sangat luas). Lalu Najwaa yang berarti bisikan hati, yang berarti bisikan hati kepada Tuhan menunjukkan keterbukaan hati kepada tuhan. Najwa juga bisa berarti dialog. Lalu Nasywa, artinya adalah puncak kegembiraan. Dan Nahla, artinya sumber pengetahuan. Nuhaa, artinya pengetahuan. Nayyirah, artinya bintang yang cemerlang. Nazihah, artinya bersih dari segala sesuatu yang tidak layak. Najah, artinya keberhasilan. Najaat, artinya keselamatan.

Jadi, simpul Abi Quraish, ada banyak sekali kata-kata yang dimulai dengan huruf nun memiliki makna positif, dan itu rahasia huruf nun yang beliau jadikan sebagai pijakan mengapa seluruh nama anak-anak dan cucu perempuannya diawali dengan huruf nun.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here