Keistimewaan dan Keutamaan Alquran

0
9186

BincangSyariah.Com – Alquran adalah kitab suci yang diturunkan Allah kepada Nabi Saw melalui perantara malaikat Jibril. Kitab ini secara bertahap selama kurang lebih 23 tahun. Diawali dengan surah Al-fatihah dan diakhiri dengan surah Al-nas.

Sebagai kitab suci terakhir yang diturunkan kepada nabi terakhir, tentu Alquran mengandung banyak keistimewaan dan keutamaan dibanding dengan kitab-kitab suci sebelumnya. Sebagian keistimewaan dan keutamaan tersebut dihimpun oleh Sayyid Muhammad bin Abbas al-Maliki dalam kitabnya Ma Dza Fi Sya’ban. Berikut akan dipaparkan yang paling istimewa dan utama dari beberapa keistimewaan dan keutamaan Alquran tersebut.

Pertama, membaca Alquran adalah ibadah. Allah mencatat aktivitas membacanya sebagai ibadah dan salah satu sarana mendekatkan diri kepada-Nya. Dengan hanya membaca huruf demi huruf dan kata demi kata, seseorang tetap akan mendapatkan pahala dari Allah meskipun tanpa memahami maksud dan maknanya. Apabila membaca sekaligus paham maksud dan makna Alquran, maka pahala yang diperoleh semakin bertambah berlipat ganda. Dalam surah Fathir ayat 29-30, Allah berfirman;

ان لَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (29) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ (30(  (فاطر: 29-30)

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan pahala mereka dan menambah karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.”

Ayat ini juga akan diperkuat dengan hadis Nabi Saw. riwayat al-Tirmidzi dari Abdullah bin Mas’ud, dia berkata bahwa Nabi Saw. bersabda;

 مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Baca Juga :  Di Hari Kiamat Kelak, Ini Panggilan Khusus untuk Panggilan Orang yang Memuliakan Bulan Rajab

Artinya:”Siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya, dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi “alif” satu huruf, “lam” satu huruf dan “mim” satu huruf.”

Keistimewaan ini hanya dimiliki Alquran, karena selain Alquran tidak mendapatkan pahala dari Allah dengan hanya membacanya saja. Baru mendapat pahala apabila membaca disertai dengan paham makna dan maksudnya. Misalnya membaca kitab kuning, tidak mendapatkan pahala kecuali paham makna dan maksud apa yang dibacanya. Bahkan shalat sekalipun tidak akan diterima oleh Allah dan mendapatkan pahala dari-Nya kecuali kita paham makna dan maksud bacaan dalam shalat.

Kedua, Alquran dapat memberikan syafaat kepada pemabacanya. Ada banyak riwayat dari Nabi Saw. yang menjelaskan manfaat membaca Alquran sebagai syafaat bagi pembacanya. Salah satu di antaranya adalah hadis riwayat al-Imam Muslim dari Abu Umamah al-Bahili, dia berkata bahwa Nabi Saw. bersabda:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

Artinya: “Bacalah Alquran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya.”

Ketiga, membaca Alquran dapat membersihkan hati yang kotor. Dari Ibnu Umar, dia berkata bahwa Nabi Saw. bersabda:

اِنَّ هَذِهِ القُلُوْبَ تَصْدَأُ كَمَا يَصْدَأُ الحَدِيْدُ. قَالُوا : فَمَا جَلَاءُهَا ؟ قَالَ : تِلَاوَةُ القرْأنِ

Artinya; “sesungguhnya hati seseorang bisa karat sebagaimana berkaratnya besi. Sahabat bertanya; Lalu bagaimana membersihkan karat itu? Nabi Saw menjawab; membaca Alquran.”

Inilah sebagian keistimewaan dan keutamaan membaca Alquran yang dijelaskan oleh Nabi Saw melalui sabda-sabdanya. Semoga kita sebagai umat beliau diberi kemudahan oleh Allah untuk selalu menjadikan Alquran sebagai bacaan utama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here