Jenis-jenis Kurma

0
693

BincangSyariah.Com – Kurma adalah buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genus Phoenix.  Nama ilmiah kurma adalah dactylifera phoenix. Kurma diyakini berasal dari tanah di sekitar tepi sungai Nil dan Efrat. Sekarang pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia dan Amerika (California).

Nabi menganjurkan untuk mengawali buka puasa dengan kurma. Dalam hadits riwayat Abu Daud dari Anas bin Malik, dia berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

“Rasulullah biasanya berbuka dengan ruthab (kurma basah) sebelum menunaikan salat. Jika tidak ada ruthab (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian, beliau berbuka dengan seteguk air.”

Anjuran Nabi tersebut memiliki khasiat yang sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lambung orang yang berpuasa itu diistirahatkan selama seharian. Jika kita mengawali dengan kurma, maka lambung tidak akan bekerja berat secara langsung, namun perlahan. Ibarat sepeda motor, mesinnya harus dipanasin terlebih dahulu sebelum perjalanan jauh.

Adapun jenis-jenis kurma adalah sebagai berikut:

1. Kurma Ajwah. Jenis kurma yang memiliki ukuran lebih kecil dari kurma biasanya. Warnanya juga lebh hitam. Kurma ajwah ini merupakan kurma favorit Rasulullah, karenanya juga banyak digemari orang-orang hingga jaman sekaarang. Kurma ajwah ini dapat menangkal racun dan sihir. Rasululah menjelaskan dalam haditsnya:

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun ataupun sihir”

2. Kurma Deglet Noor. Jenis kurma ini sangat terkenal di daerah Libya, Algeria dan Amerika. Warnanya kuning keemasan dan memiliki efek cahaya yang menyerupai warna sinar matahari. Kurma ini tidak terlalu manis, cocok bagi orang yang memiliki selera tidak suka manis.

Baca Juga :  Zakat Fitrah dengan Uang

3. Kurma Amer Hajj. Jenis kurma yang ini yang biasa dikenal dengan “welcome kurma” atau “the visitor date”. Penamaan tersebut dikarenakan oleh jenis kurma ini yang biasa dihidangkan dalam menyambut tamu. Tekstur kurma amer hajj ini lembut, namun dagingnya tebal. Kurma jenis ini sangat terkenal di Irak.

4. Kurma Halawi. Sesuai namanya, kurma ini memiliki citra rasa yang amat manis. Kadar manisnya di atas rata-rata, atau lebih manis dari kurma pada umumnya. Cocok bagi orang yang memiliki citra rasa manis tinggi.

5. Kurma Mozafati. Kurma ini banyak ditemukan di daerah Mozafati. Kurma yang memiliki warna gelap, manis dan berukuran sedang. Banyak tumbuh di daerah Kerman dan Iran. Biasanya kurma ini dimakan ketika masih muda dan tidak dikeringkan. Jenis kurma ini juga merupakan kurma yang paling awet jika disimpan dengan suhu minus 5 derajat Celcius.

6. Kurma Khidri. Kurma jenis ini berwarna merah tua. Tekstur dagingnya kering dan kenyal. Kurma khidri ini adalah jenis kurma yang banyak digunakan sebagai kurma olahan yang diberi isian cokelat, almond dan lainnya. Kurma ini tidak sebegitu manis, hingga cocok sekali jika dikombinasikan dengan varian lainnya.

7. Kurma Thoory. Kurma ini berwarna cokelat kemewarahan dengan kulit daging yang cenderung kering dan keriput, namun memiliki citra rasa yang cukup manis dan hampir mirip dengan kacang. Dilihat dari bentuknya, kurma ini bisa bertahan lama untuk disimpan dalam kurun waktu tertentu

8. Kurma Sakkeri. Jenis kurma ini lebih mahal dibandingkan jenis kurma lainnya. Hal tersebut dikarenakan bentuknya hampir bulat, manis dan berwarna cokelat gelap, serta memiliki daging yang lembut.

9. Kurma Zaghloul. Kuma jenis ini banyak ditemukan di Mesir. Kurma jenis ini memiliki warna merah tua serta berbentuk panjang yang menyerupai melinjo, dan biasanya kurma jenis ini disajikan sangat kering untuk disantap karena kurma zaghloul mengandung gula yang sangat tinggi. Kurma jenis ini termasuk varietas kurma yang eksklusif serta memiliki harga yang cukup mahal di Mesir.

Baca Juga :  Tiga Macam Jenis Kisah di dalam Al-Qur'an

10. Kurma Khalasah. Kurma ini banyak tumbuh di Huffuf dan Qatif di daerah bagian timur Arab Saudi. Karena kurma jenis ini memiliki tingkat kemanisan yang tidak terlalu tinggi sehingga banyak disukai dan menjadikannya varietas yang popular di Arab Saudi.

11. Kurma Sekki. Kurma yang memiliki warna kekuningan pada bagian atasnya serta warna kecokelatan pada bagian bawahnya. Daging kurma ini lebih lebih keras pada bagian daging yang berwarna kekuningan dan lebih empuk dan kenyal pada bagian daging yang berwarna kecokelatan. Serta kurma jenis ini memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis.

12. Kurma Umel Khashab. Kurma jenis ini merupakan kurma yang berasal dari Arab Saudi dengan kombinasi cita rasa yang manis dan sedikit pahit, dan memiliki warna yang sedikit kemerahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here