Innalillahi! Kakak Habib Umar bin Hafidz Yaman Dikabarkan Wafat

1
1729

BincangSyariah.Com –  Habib Ali Masyhur bin Hafidz dikabarkan wafat pada Selasa 26 Mei 2020, bertepatan pada 3 Syawal 1441 H, sebagaimana diberitakan laman Facebook kakak Habib Umar bin Hafizh. Habib Ali al-Masyhur wafat pada usianya yang ke-83 tahun.

Para ulama dan pejabat di Yaman banyak mengucapkan belasungkawa atas kepergian mufti Tarim, Yaman ini. Gubernur Hadramaut Mayor Jenderal Faraj Salmin Al-Bahsni di antara pejabat yang mengucapkan belasungkawa atas kepergian habib yang dikenal dengan nama Masyhur ini.

Gubernur Hadramaut merasa sangat kehilangan dengan kepergian Habib Masyhur, yang mendedikasikan hidupnya untuk melayani agama yang moderat, dengan kejujuran, kata-kata yang baik, dan berseru kepada Tuhan dengan gaya yang unik dan ceramah yang berharga, sebagaimana diberitakan Sadahadhramowt.

Habib Ali al-Masyhur lahir di Tarim pada 13 Ramadhan 1358 H. (5 November 1939 M.), dibesarkan dan dididik di bawah asuhan ayahnya, Habib Muhammad bin Salim bin Hafidz, dan kakeknya, Habib Salim bin Hafidz, dalam lingkungan yang sarat ilmu agama, keimanan dan segala amalan baik.

Bekerja sama dengan saudaranya, Habib Umar bin Hafidz, dalam membangun Dar al-Musthafa, yang dibuka pada tahun 1414 H. (1994 M.). Beliau menjadi direktur dan guru mahasiswa tingkat lanjut di sana. Beliau juga mengajar di Universitas Ahqaf Syari’ah Tinggi, selama empat tahun sampai angkatan pertama dari siswa lulus. Banyak santri dan mahasiswa asal Indonesia yang mengenyam pendidikan di dua lembaga tersebut.

Sejak tahun 1421 H. (2000 M.), beliau telah menjadi ketua Dewan Fatwa Tarim (Mufti Tarim). Beliau juga mengajar sejumlah mata pelajaran di Masjid Jami’ Tarim dan Dar al-Faqih al-Muqaddam, dan banyak siswa yang datang untuk belajar dari beliau di rumahnya.

Baca Juga :  Gemuruh Ajakan People Power, Beginilah  Wasiat Habib Umar Bin Hafid untuk Umat Muslim Indonesia

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here