Inilah Penyebab Sayyidina Ali Dijuluki Abu Turab

2
29

BincangSyariah.Com- Sayyidina Ali yang merupakan sepupu sekaligus menantu dari Rasulullah saw memiliki beberapa julukan yang masyhur, di antaranya adalah Abu Sabthain ‘bapak dua orang cucu’ karena beliau merupakan ayah dari dua orang cucu Nabi yang sangat beliau cintai yaitu Hasan dan Husain. Selain itu, beliau juga dijuluki Abu al Hasan ‘bapak Hasan’ karena beliau merupakan ayah dari anaknya yang bernama Hasan.  (Baca: Kisah Cucu Nabi Saw. Makan Bersama Orang-Orang Miskin di Pinggir Jalan)

Selain memiliki dua julukan tersebut, Sayyidina Ali bin Abi Thalib juga mendapat gelar lain dari Rasulullah saw, yaitu Abu Turab ‘bapak tanah’.  Julukan Abu Turab yang diberikan oleh Rasulullah kepada Khalifah yang keempat ini memiliki kisah tersendiri yang menjadi sebab dijulukinya Sayyidina Ali dengan Abu Turab tersebut.

Sebagaimana yang dikisahkan dalam kitab Shahih Bukhari yang diriwayatkan dari Abdul Aziz bin Abu Hazim yang ia terima dari bapaknya (Abu Hazim) bahwa ada orang yang datang kepada Sahal bin Sa’ad, lalu ia berkata “Inilah si Fulan, Amir kota Madinah yang memangil ‘Ali disamping mimbar”. Sahal bertanya “Bagaimana ia memangilnya?” Orang itu berkata “Dia memanggilnya dengan julukan Abu Turab”.

Kemudian Sahal tertawa lalu berkata “Demi Allah, tidaklah yang menjulukinya seperti itu kecuali Nabi saw. dan tidak ada nama yang lebih disukai oleh ‘Ali kecuali nama itu.” Maka aku (perawi) ingin sekali menikmati hadis Sahal tersebut, lalu aku bertanya “Wahai Abu Abbas (Gelar Sahal bin Sa’ad) bagaimana cerita pemberian julukan tersebut?

Sahal menjawab “Ali datang menemui Fathimah lalu keluar lagi kemudian tidur di Masjid. Kemudian Nabi saw bertanya kepada Sayyidah Fathimah “Kemana putra pamanmu? Fathimah menjawab “Di Masjid.” Dalam riwayat lain dikatakan bahwa Rasulullah mengetahui bahwa antara ‘Ali dan Fatimah ada suatu masalah, lalu ‘Ali keluar dan tidur di Masjid.

Rasulullah pergi menemui Sayyidina Ali dan mendapati selendang Sayyidina Ali terjatuh dari punggungnya sehingga debu mengenai punggungnya. (Dalam riwayat lain dikatakan bahwa Rasulullah mendapati Sayyidina Ali dalam  keadaan tengah berbaring hingga banyak debu yang menempel di punggungnya). Kemudian Rasulullah membersihkan debu tersebut dari pungung Ali seraya berkata “ Duduklah Abu Turab. Beliau mengatakannya sebanyak dua kali.

Itulah kisah di balik Sayyidina Ali mendapat julukan Abu Turab (Bapak tanah)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here