Inilah Delapan Tingkatan Surga dan Namanya

0
691

BincangSyariah.Com – Semua orang pasti menginginkan masuk surga. Dalam pandangan Islam orang-orang yang mendapat rahmat dan ridha Allah akan masuk surga selama-lamanya. orang yang mendapatkan rahmat adalah orang yang senantiasa berbuat baik dengan bertakwa. Allah berfirman:

إن رحمة الله قريب من المحسنين   

Sesungguhnya rahmat Allah dekat dengan orang-orang yang berbuat baik (QS Al-Araf: 56)

Dalam kitab Syarh Daqiqotul Akhbar (h-41), Syekh Al-Imam Abdurrahman bin Ahmad Al-Qadhi menerangkan bahwasanya Abdullah Ibnu Abbas mengatakan bahwa sesungguhnya surga ada delapan tingkatan. Dalam setiap surga ada satu pintu.

Pintu pertama terbuat dari mas yang ditata atau dihiasi dengan butiran permata. Dalam pintu pertama itu tertulis lafal la ilaha illallah. Penghuni surga ini adalah para rasul, para nabi, para syuhada dan orang yang bersifat pemurah.

Pintu kedua adalah pintu masuk bagi orang yang senantiasa menjaga shalatnya, yaitu orang-orang yang senantiasa mempraktikkan rukun-rukun shalat dan wudhu dengan baik. Pintu ketiga adalah pintu masuknya orang-orang yang senantiasa menjaga kebersihan dirinya dengan berzakat.

Pintu keempat adalah pintu masuk bagi orang-orang yang suka menyeru kebaikan dan mencegah kemungkaran. Pintu kelima adalah pintu masuk bagi orang-orang yang mampu memerangi syahwatnya sendiri dan yang mampu mencegahnya.

Pintu keenam adalah tempat masuk bagi orang-orang yang suka berhaji dan umrah. Pintu ketujuh adalah pintu masuk bagi para pejuang. Pintu kedelapan adalah pintu masuk bagi orang-orang yang bertakwa yang memelihara pandangannya dari hal-hal yang diharamkan dan mengamalkan kebaikan seperti berbuat baik kepada kedua orangtua dan menjaga silaturahmi.

Adapun nama-nama surga tersebut adalah sebagai berikut.

Pertama, Darul Jalal yang dihaisi mutiara berwarna putih.

Kedua, Darus Salam yang dihiasi batu Yaqut berwarna merah.

Baca Juga :  Tidak Ada Orang Tua di dalam Surga

Ketiga, Ma’wa yang dihiasi batu peridot atau cempaka semacam permata yang berwarna hijau.

Keempat, Khuld yang dihiasi batu Marjan berwarna merah dan kuning.

Kelima, Al-Naim yang dihiasi perak berwarna putih.

Keenam, Al-Firdaus yang dihiasi mas kemerah-merahan.

Ketujuh, Al-Adn yang dihiasi intan berwarna putih. Dan

Kedelapan, Darul Qoror yang dihiasi mas kemerah-merahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here