Ini Tugas Malaikat Israfil Sebelum Kiamat Datang

0
3396

BincangSyariah.Com – Waktu kecil kita diajari nama-nama sepuluh malaikat berikut tugasnya. Di antara sepuluh malaikat itu adalah Malaikat Israfil yang diberi tugas meniup sangkakala pada saat kiamat. Mungkin sekarang kita bertanya, apakaha Malaikat Israfil sekarang menganggur karena karena kiamat belum datang?

Ternyata menurut Imam Abdur Rahim bin Ahmad dalam kitab Syarah Daqoiqul Akhbar ada beberapa tugas yang diemban Malaikat Israfil sebelum kiamat datang.

Sahabat Abdullah bin Abbas Ra. Mengatakan bahwa sesunguhnya Malaikat Israfil As. memohon kepada Allah agar diberikan kekuatan tujuh langit, maka Allah mengabulkan permohonan Malaikat Israfil As.  dengan memberikan kekuatan tujuh bumi, kemudian Allah memberikan kekuatan angin, kemudian Allah memberikan kekuatan gunung, kemudian Allah memberikan kekuatan sesuatu yang yang berat, kemudian Allah memberikan kekuatan hewan buas. Artinya, Malaikat Israfil itu ditugaskan Allah mengayomi makhluk dan alam semesta yang disebutkan di atas.

Selain itu, Malaikat Israfil ditugas menemani malaikat-malaikat lain yang selalu bertasbih pada Allah. Hal ini dapat dimaklumi bahwa malaikat itu tidak pernah bermaksiat kepada Allah. Malaikat selalu patuh terhadap perintah Allah. Konon, Malaikat Israfil As. pernah melihat neraka Jahanam tiga kali dalam dua puluh empat jam atau sehari-semalam, dan setelah itu ia merendahkan diri kepada Allah dan mengis sejadi-jadinya dengan meneteskan air mata.

Seandainya Allah tidak menahan air mata Malaikat Israfil maka bumi ini akan dipenuhi dengan air matanya seperti banjir bandang yang pernah terjadi pada masa Nabi Nuh As.

Diceritakan pula, karena besarnya wujud asli Malaikat Israfil, air laut dan air sungai yang disatukan itu hanya membasahi kepala Malaikat Israfil. Wallahualam.

Baca Juga :  Kisah Rasulullah Merayakan Hari Raya Idulfitri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here