Ini Tiga Ciri Akhlak Calon Penghuni Surga

0
3097

BincangSyariah.Com – Ibnu Qayyim pernah memberikan wejangan tentang akhlak kepada generasi setelahnya. Bahwa agama seluruhnya adalah tentang akhlak maka barang siapa yang menghilangkan akhlaknya maka ia telah kehilangan agamanya.

Sementara orang-orang yang mampu menjaga akhlak serta menahan hawa nafsunya merekalah yang kelak akan menjadi penghuni surga. Sebagaimana Allah Swt berfirman

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِۦ وَنَهَى ٱلنَّفْسَ عَنِ ٱلْهَوَىٰفَإِنَّ ٱلْجَنَّةَ هِىَ ٱلْمَأْوَىٰ

Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya). (QS. Al-Nazi’at: 40-41)

Beberapa orang di dunia ini secara tidak sadar sebenarnya telah berakhlak seperti akhlak para ahli surga. Abu Layyist Samarqandi mengatakan dalam Tanbihul Ghafilin bahwa setidaknya akhlak para calon ahli surga memiliki tiga ciri berikut

ويقال ثلاثۃ من اخلاق اهل الجنۃ لا توجد الا في الكريم الاحسان الي المسيء والعفو عمن ظلمه والبذل لمن حرمه

Dan dikatakan ada tiga (ciri) dari akhlak ahli surga yang tidak akan terdapat kecuali pada orang yang mulia. (1) Berbuat baik kepada orang yang jahat (2) dan memaafkan orang yang telah menzaliminya (3) bersifat pemurah terhadap orang yang telah kikir terhadapnya.

Pertama, berbuat baik kepada orang yang berbuat jahat kepada mereka. Sesungguhnya ia telah bersikap dengan akhlak para calon ahli surga. Sebab Tidak mudah tetap berbuat baik kepada yang telah bersikap buruk dan jahat kepada kita. Alaminya manusia cenderung akan membalas kebaikan orang yang berbuat baik kepadanya bukan sebaliknya.

Kedua, memaafkan orang yang telah menzaliminya. Zalim merupakan perbuatan tercela dan sangat tidak berhati nurani sehingga orang yang terzalimi Allah janjikan doanya dikabulkan. Tidak banyak orang yang mampu memaafkan orang yang telah zalim kepadanya, ridha terhadap kezaliman orang terhadap diri kita adalah sesuatu sikap yang sulit. Sehingga orang-orang yang mampu melakukannya sesungguhnya ia telah memiliki akhlak seperti akhlak para ahli surga.

Baca Juga :  Sejarah Awal Pelaksanaan Ibadah Haji

Ketiga, bersikap pemurah terhadap orang yang telah kikir kepadanya. Orang tersebut tidak akan pandang bulu dalam beramal, ia akan ikhlas meski terhadap orang yang telah kikir padanya dan tidak ada dengki dalam hatinya untuk membalas sikap kikir yang telah ia lakukan.

Seseorang yang memiliki ketiga akhlak tersebut merupakan para calon penghuni surga jika dilakukan dengan hati ikhlas karena Allah. Semoga kita bisa menjadi orang-orang seperti mereka. Amin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here