Ini Dua Tipe Orang yang Paling Dicintai Setan

1
1645

BincangSyariah.Com – Setan diciptakan oleh Allah dari api. Setan senantiasa menyebarkan rasa dendam dan permusuhan dengan umat manusia. Sejak ia diusir dari surga, dengan berbagai cara, ia ingin melaksanakan pembalasan kepada cucu Nabi Adam AS yang menyebabkan ia terusir dari surga. Tak hanya itu, bahkan setan pun berjanji akan selalu dan terus menggoda hingga mengjerumuskan umat manusia sampai pada hari kiamat. Yang demikian agar setan dan manusia yang telah mengikutinya Bersama-sama masuk ke dalam neraka.

Sesungguhnya, begitu setan telah berhasil menggoda manusia, maka ia pun akan segera pergi. Dan ia tidak mau dipersalahkan atas upayanya menggoda dan membujuk manusia agar tersesat. Maka, manusia itu sesungguhnya berada dalam kerugian. Oleh karena itu sebisa mungkin kita tidka menjadi orang yang dicintai oleh setan. Yang demikian membuatnya selalu dekat dengan jurang kenistaan. Lantas manusia seperti apakah yang paling dicintai oleh setan?

Manusia yang paling dicintai setan adalah dua potret manusia di bawah ini, sebagaimana disebutkan oleh Al Hafidz Abu Nu’aim dalam kitab Hilyah Auliya:

ليس من بني ادم إحب إلى شيطانه من النؤوم الأكول

Tidak ada seseorang dari cucu Adam yang lebih dicintai oelh setan daripada orang yang banyak tidur dan banyak makan

Orang pertama yang paling dicintai oleh setan adalah orang yang banyak tidur. Seseorang dikatakan tidur terlalu banyak atau lama jika memiliki waktu tidur lebih dari kebutuhan tidur ideal, sering kesulitan bangun pada pagi hari, sering mengantuk saat aktivitas, atau tetap merasa mengantuk setelah tidur siang. (Baca: Banyak Tidur Saat Berpuasa, Apakah Puasanya Batal?)

Yang demikian bisa menyebabkan gangguan mental dan juga berbagai penyakit yang serius. Selain itu juga, Rasulullah pernah mengisyaratkan dalam hadisnya bahwa tidur yang terlampau lama itu bisa menghilangkah amanah dari hati dan merasuknya fitnah ke dalam hati.

Baca Juga :  Mengapa Allah Menyukai Orang yang Makan Secukupnya? Ini Kata Imam al-Ghazali

Adapun ornag kedua yang dicintai setan adalah orang yang banyak makan. Berlebihan dalam makan adalah satu hal yang dilarang oleh-Nya dalam QS al A’raf ayat 31. Nah karena dilarang, setan pun datang untuk mengajak manusia untuk mengikuti langkahnya dan tidak menghiraukan larangan tersebut.

Padahal makan yang berlebihan itu menjadi ajang berkumpulnya berbagai penyakit, sehingga bisa mendatangkan hal-hal negatif lainnya, seperti hati keras dan hilangnya kecerdasan.  Imam Asy-Syafi’i rahimahullah menjelaskan bahaya kekenyangan karena penuhnya perut dengan makanan, beliau berkata,

لان الشبع يثقل البدن، ويقسي القلب، ويزيل الفطنة، ويجلب النوم، ويضعف عن العبادة

“Kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, membuat sering tidur dan lemah untuk beribadah.” 

Penjelasan di atas termaktub dalam kitab Siyar A’lam An-Nubala, yang bisa menjadi pengingat kita untuk tidak makan dan tidur yang berlebihan. Karena orang yang berlebih dalam keduanay adalah dua orang yang paling dicintai oleh setan.

1 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Ketika Cinta adalah sepatah kata yang tak pernah benar-benar bisa dimengerti definisinya, maka tak sedikit para pecinta atau para penyair cinta yang merasa kebingungan bahkan gagal memberikan penjelasan definisi satu kata yang bisa dirasakan semua jenis manusia itu. Fakta ini agaknya dikarenakan cinta adalah sensasi psikologis, yang akan lebih memungkinkan dimengerti tidak dengan memberikan penjelasan rasional ilmiah, melainkan dengan rasa (dzauq). (Baca: Ini Dua Tipe Orang yang Paling Dicintai Setan) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here