Ini 5 Peringatan Alam Kubur untuk Manusia

3
51

BincangSyariah.Com – Setiap yang hidup pasti akan mati. Salah satu tempat yang pasti akan menjadi tujuan terakhir saat manusia menghadap-Nya itu kuburan. Di dalam hadis yang tertulis dalam kitab Daqa’iqu al-Akhbar juga semakna dengan hadis dalam kitab Sunan Al-Turmudzi, (juz 4 halaman 639) disebutkan bahwa:

إِنّ القبر ينادي كلّ يوم خمس مرّات

Kuburan setiap harinya berseru meneriakkan lima peringatan.

Peringatan alam kubur yang pertama adalah:

أنا بيت الوحدة فاجعل لك مؤنسا قراءة القرآن

Saya ini adalah tempat kesendirian. Oleh karena itu, maka engkau carilah teman yang akan menemanimu nantinya yaitu bacaan Al-Qur’an”

Berdasarkan keterangan ini, kita dapat memahami bahwa bacaan Al-Qur’an yang kita baca selama ini dan nantinya akan menjadi teman kita di alam kuburan. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan semangat kita lebih tinggi lagi untuk membaca kalamullah al-‘aziz yaitu Al-Qur’an al-karim. (Baca: Ketika Melewati Kuburan, Bacalah Kalimat Dzikir Ini)

Peringatan alam kubur yang kedua adalah:

وأنا بيت الظلمة فنوّرني بصلاة الّيل

“aku adalah tempat yang sangat gelap, maka terangilah aku dengan shalat malam

Berdasarkan keterangan ini, marilah kita perbanyak melakukan sholat malam yang nantinya akan menjadi lentera penerang di dalam kuburan kita.

Peringatan alam kubur yang ketiga adalah:

وأنا بيت التراب فاحمل الفراش وهو العمل الصالح

saya ini adalah tempat yang dipenuhi oleh tanah, dikelilingi oleh tanah maka bawalah alas tidurmu yakni amal sholeh”

Amal saleh dan kebaikan-kebaikan yang kita lakukan di muka bumi ini nantinya akan menjadi alas tidur kita di alam kuburan. Oleh karena itu, mari kita ringankan tubuh kita untuk selalu gemar melakukan kebaikan-kebaikan dan terus menambah kebaikan-kebaikan kita.

Peringatan alam kubur yang keempat adalah:

وأنا بيت الأفاعي فاحمل الترياق وهو “بسم الله الرحمن الرحيم” واهراق الدموع

“saya ini adalah sarangnya ular-ular. Oleh karena itu, maka bawalah racun ular-ular tersebut dari muka bumi yaitu bacaan bismillahir rahmannir rahim

Mari sejak hari ini, kita bersama-sama membiasakan diri untuk senantiasa membaca basmalah sebanyak-banyaknya. Mudah-mudahan bacaan basmalah yang kita baca akan menjadi racun dari ular-ular yang ada di dalam kuburan kita, atau bahkan kita berharap mudah-mudahan dengan barokahnya bacaan tersebut tidak satu ekor ular pun yang menghampiri kuburan kita.

Peringatan alam kubur yang kelima adalah:

وأنا بيت سؤال منكر و نكير فأكثر على ظهري قول “لا إله إلّا الله محمّد رسول الله” ليمكن لك أن تجيبه

“saya adalah tempatnya malaikat mungkar dan nakir bertanya maka perbanyaklah membaca la ilaha illallah Muhammadur Rasulullah, agar engkau bisa menjawab pertanyaan malaikat mungkar dan nakir tersebut.

Demikianlah lima peringatan yang setiap harinya diteriakkan oleh kuburan kepada kita semua hanya saja kita tidak diperkenankan oleh Allah swt untuk mendengar teriakan tersebut. Karena bisa jadi jika kita mendengar teriakan tersebut kita akan merasa sangat takut dan kita akan melarikan diri mencari tempat persembunyian.

Rasulullah SAW bersabda :

لَوْلَا أَنْ لَا تَدَافَنُوا لَدَعَوْتُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ أَنْ يُسْمِعَكُمْ من عَذَابِ الْقَبْرِ ماَ أًسْمَعَنِيْ

Seandainya kalian tidak akan saling menguburkan, tentulah aku akan berdoa kepada Allah agar memperdengarkan kepada kalian siksa kubur yang aku dengar.” (HR. Muslim 7393, Ahmad 12026, dari sahabat Anas bin Malik radhilallahu’anhu)”

Semoga Allah swt selalu memberi kekutan kepada kita untuk selalu istiqomah dijalannya agar terhindar dari azab kubur yang sungguh mengerikan itu. Wallahua’lam.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here