Imam al-Junaid Mimpi Hanya Amal Saleh Shalat Tahajud yang Diterima Allah

1
354

BincangSyariah.Com – Imam al-Junaid merupakan tokoh sufi kelahiran 221 Hijriah di Irak, Bagdad. Beliau merupakan keturunan Kurdistan, Irak, yang hidup pada masa Dinasti Abbasiyah. Beliau terkenal sebagai pemimpin ulama-ulama sufi dan fikih di Irak. Al-Junaid merupakan keponakan Imam Sirri al-Siqthi yang juga salah satu guru tasawufnya yang sangat berpengaruh.

Suatu saat Imam bermimpi mengenai para muridnya, baik dari kalangan awam maupun murid-murid yang sedang bersuluk. Dalam mimpi itu terdengar suara dan bertanya pada al-Junaid, “Apa yang telah menimpamu, Junaid?”

Imam Junaid pun menimpali suara tanpa rupa itu. “Petunjuk-petunjuk yang telah kami ajarkan ke masyarakat itu ternyata sia-sia. Ternyata kami tidak mendapatkan ganjaran apa-apa. Petuah-petuah yang kami sampaikan pada santri-santri yang sedang bersuluk pun tak berarti apa-apa. Orang-orang yang sedang dalam keraguan pun tak mendapatkan manfaat apa-apa dari imbauan kami. Ternyata yang dapat memberi manfaat bagi kami kelak itu beberapa rakaat salat Tahajud di waktu sahur saat rerata manusia sedang tidur.”

“Pahala salat tahajud itu bermanfaat untuk kami,” lanjut Imam al-Junaid.

Syekh Ibrahim al-Bajuri dalam kitab Hasyiyah-nya menjelaskan bahwa Imam al-Junaid ini sedang memotivasi orang lain agar giat melakukan salat Tahajud. Amalan-amalan lain selain salat Tahajud riskan tersusupi rasa ria dan sumah. Sementara salat Tahajud yang dilakukan di malam hari atau waktu sahur itu memungkinkan untuk terhindar dari ria, karena pada saat itu orang-orang sedang tidur, dan tidak mengetahui aktivitas kita. Wallahualam

Baca Juga :  Tips Terhindar dari Konflik Horizontal Ala Kiai Sholeh Darat


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here