Shinta Nuriyah Wahid: Perempuan adalah Tokoh Sentral Kehidupan Manusia

1
1683

BincangSyariah.Com – Shinta Nuriyah mendapatkan gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa dari Universitas Islam Negeri Yogyakarta. Sesuai rencana, penganugerahan tersebut diberikan pada Rabu, 18 Desember 2019 di gedung Prof. Dr. H.M. Amin Abdullah, UIN Yogyakarta.

Penganugerahan tersebut merupakan penghargaan yang diberikan atas dedikasi Shinta Nuriyah berjuang membela hak dan membebaskan kaum perempuan dari belenggu ketertindasan dan keterbelakangan.

“Jadi perempuan kok runyem begini, ya. Padahal Nabi Muhammad SAW mengajarkan untuk selalu memuliakan perempuan,” ujarnya, sebagaimana dikutip dalam Pidato Ilmiah Penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa yang disampaikan di hadapan Rapat Senat Terbuka, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta (18/12/19).

Perempuan yang telah menuntaskan program Pasca Sarjana Studi Kajian Wanita dari Universitas Indonesia ini, ingin mengedukasi masyarakat bahwa Islam tidak menempatkan kedudukan perempuan di bawah laki-laki, seperti yang selama ini dipersepsikan oleh sebagian masyarakat muslim.

Menurutnya, perempuan adalah tokoh sentral dalam kehidupan umat manusia, karena mengemban tugas suci, melahirkan dan mendidik anak manusia. Hal ini yang mendorong Shinta Nuriyah pada tahun 2001 mendirikan Yayasan Puan Amal Hayati.

“Masalah persamaan gender adalah masalah serius yang perlu mendapat perhatian besar dari semua,” ujar perempuan yang dahulu juga berperan sebagai partner utama diskusi suaminya, Almarhum Gus Dur, tentang banyak hal itu.

Keyakinan akan kesetaraan bagi semua ini pula yang mendorong tekad Shinta Nuriyah untuk selalu berada di depan…..Selengkapnya di bincangmuslimah.com

Baca Juga :  Perempuan Bukanlah Penghalang Ibadah kepada Allah

1 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Sekitar satu bulan yang lalu saya sempat membaca tulisan Pidato Ilmiah Penganugerahan Doktor Honoris Cause (H.C.) Hj. Dra. Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, M.Hum yang bertajuk “Inklusi dalam Solidaritas Kemanusiaan: Pengalaman Spiritualitas Perempuan dalam Kebhinekaan”. Beliau menyampaikan Pidato Ilmiah tersebut di Hadapan Rapat Senat Terbuka UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Sinta Nuriyah Wahid: Perempuan Adalah Tokoh Sentral Kehidupan Manusia) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here