Hikmah Menikah Dapat Menjadikan Kaya

0
1233

BincangSyariah.Com – Menikah merupakan suatu ikatan yang sah antara seorang laki-laki dengan wanita yang bukan mahramnya. Menikah memiliki banyak hikmah dan manfaat. Selain bisa menyalurkan nafsu biologis dengan cara halal, hikmah menikah juga dapat menjadikan kaya seseorang. Hal ini pun pernah disabdakan oleh Nabi saw. di dalam hadis berikut.

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: تَزَوَّجُوا النِّسَاءَ فَإِنَّهُنَّ يَأْتِينَكُمْ بِالْمَالِ (رواه الحاكم )

Dari Aisyah r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Nikahilah wanita-wanita itu, maka sesungguhnya mereka akan mendatangkan harta bagi kamu.” (H.R. Hakim)

Betapa tidak setelah menikah, seorang laki-laki yang sudah menjadi suami pasti akan lebih giat mencari rezeki. Hal ini disebabkan karena ia mempunyai tanggung jawab tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk seorang wanita yang kini telah menjadi istrinya.

Selain itu, sang istri juga akan memanjatkan doa untuk keberkahan rezeki keluarganya. Mendoakan pekerjaan suaminya agar dapat berjalan dengan lancar. Memberi semangat dan ikut mencari solusi dikala sang suami mendapatkan masalah dengan bisnisnya.

Terlebih jika mereka sudah mempunyai seorang anak, maka suami yang kini sudah menjadi bapak pun akan lebih giat lagi mencari nafkah untuk keluarga kecilnya.

Demikianlah salah satu hikmah menikah menurut Nabi saw. yakni menikah akan menambah kaya seorang laki-laki dengan hadirnya sang istri sebagai penyemangat hidupnya dan turut mendoakan kesuksesannya. Wa Allahu A’lam bis Shawab,

Baca Juga :  Tafsir Surah Al-Baqarah 187; Bersetubuh Suami-Istri Saat Iktikaf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here