Hadis-hadis tentang Akibat dari Mengkonsumsi Minuman Keras

0
4461

BincangSyariah.Com – Khamr atau minuman keras adalah minuman yang haram dikonsumsi oleh umat Islam. Di dalam kitab Lubbabul Hadis bab ke dua puluh delapan, imam As-Suyuthi (w. 911) menuliskan hadis-hadis tentang akibat dari mengkonsumsi minuman keras yang perlu kita perhatikan sebagaimana berikut.

Hadis Pertama:

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ فِى الدُّنْيَا لَمْ يَشْرَبْهَا فِى الْآخِرَةِ}.

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang mengkonsumsi minuman keras di dunia, maka ia tidak akan meminumnya di akhirat.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ibnu Majah dari sahabat Abu Hurairah r.a. dan imam Al-Hakim dari sahabat Ibnu Umar r.a.

Imam Ahmad, imam Muslim, dan imam Al-Baihaqi juga meriwayatkan hadis sebagai berikut.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:  «مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ فِي الدُّنْيَا لَمْ يَشْرَبْهَا فِي الْآخِرَةِ إِلَّا أَنْ يَتُوبَ»

Dari Ibnu Umar, bahwasannya Rasulullah saw. bersabda, “Siapa yang mengkonsumsi minuman keras di dunia, maka ia tidak akan mengkonsumsinya di akhirat kecuali ia bertaubat.””

Sementara itu, redaksi riwayat imam Al-Bukhari adalah sebagai berikut.

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم، قَالَ: مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ فِي الدُّنْيَا، ثُمَّ لَمْ يَتُبْ مِنْهَا، حُرِمَهَا فِي الآخِرَةِ

Dari Abdullah bin Umar, bahwasannya Rasulullah saw. bersabda, “Siapa yang mengkonsumsi minuman keras di dunia, lalu ia tidak bertaubat darinya, maka diharamkan untuknya di akhirat.”

Hadis Kedua:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ مُمْسِيًا أَصْبَحَ مُشْرِكًا وَمَنْ شَرِبَهَا مُصْبِحًا أَمْسَى مُشْرِكًا}.

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang mengkonsumsi minuman keras di waktu sore, maka paginya ia akan menjadi orang yang musyrik, dan siapa yang mengkonsumsinya di pagi hari, maka sorenya ia akan menjadi orang yang musyrik.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula dengan imam An-Nawawi Al-Bantani ketika mensyarah hadis ini tidak menjelaskan periwayatnya.

Baca Juga :  Bijak Menggambarkan Akhirat pada Anak

Hadis Ketiga:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {الْخَمْرُ أُمُّ الْخَبَائِثِ فَمَنْ شَرِبَهَا لَمْ تُقْبَلْ صَلَاتُهُ أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا، فَإِنْ مَاتَ وَهِيَ فِيْ بَطْنِهِ مَاتَ مَيْتَةً جَاهِلَيَّةً}.

Nabi saw. bersabda, “Minuman keras itu induk dari hal-hal yang buruk, siapa yang meminumnya maka shalatnya tidak akan diterima selama empat puluh hari, jika ia meninggal sedangkan minuman keras berada di dalam perutnya, maka ia akan meninggal dunia dalam keadaan jahiliyyah.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ath-Thabarani dari sahabat Abdullah bin Amr bin ‘Ash r.a.

Hadis Keempat:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {الخَمْرُ جِمَاعُ الْإِثْمِ}.

Nabi saw. bersabda, “Minuman keras adalah kumpulan dari dosa.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula dengan imam An-Nawawi Al-Bantani ketika mensyarah hadis ini tidak menjelaskan periwayatnya. Hanya saja imam An-Nawawi menerangkan bahwasannya Usman bin ‘Affan r.a. pernah bercerita tentang seorang laki-laki ahli ibadah yang diminta untuk memilih di antara tiga kemaksiatan oleh seorang wanita; meminum minuman keras, menzinahi dirinya, atau membunuh anak laki-lakinya. Akhirnya ia pun memilih meminum minuman keras yang dosanya tidak lebih besar dari pada berzina dan membunuh. Namun, ternyata setelah ia mabuk, ia pun menzinahi wanita itu dan membunuh anak tersebut.

Hadis Kelima:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {شَارِبُ الْخَمْرِ مَلْعُوْنٌ}.

Nabi saw. bersabda, “Pengkomsumsi minuman keras itu terlaknat.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula dengan imam An-Nawawi Al-Bantani ketika mensyarah hadis ini tidak menjelaskan periwayatnya.

Hadis Keenam:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {شَارِبُ الْخَمْرِ كَعَابِدِ اللاَّتِ وَالْعُزَّى}.

Nabi saw. bersabda, “Pengkonsumsi minuman keras itu seperti orang yang menyembah patung Lata dan Uzza.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Al-Harits bin Abi Umamah dari sahabat Abdullah bin ‘Amru bin ‘Ash r.a.

Baca Juga :  Generasi Milenial, Belajarlah Mengisi Masa Mudamu dari Rasululah

Hadis Ketujuh:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ تَعَالَى عَلَى أَنْبِيَائِهِ وَمَنْ سَلَّمَ عَلَى شَارِبِ الْخَمْرِ أَوْ صَافَحَهُ أَحْبَطَ اللهُ تَعَالَى عَمَلَهُ أَرْبَعِيْنَ سَنَةً}.

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang mengkonsumsi minuman keras, maka sungguh ia telah kufur dengan apa yang diturunkan Allah ta’ala kepada para nabi-Nya dan siapa yang mengucapkan salam kepada pengkonsumsi minuman keras atau berjabat tangan dengannya maka Allah akan memutus amalnya empat puluh tahun.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula dengan imam An-Nawawi Al-Bantani ketika mensyarah hadis ini tidak menjelaskan periwayatnya.

Hadis Kedelapan:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {لَا يَجْتَمِعُ الْخَمْرُ وَالْإِيْمَانُ فِيْ قَلْبِ امْرِىءٍ أبَدًا}.

Nabi saw. bersabda, “Tidak akan berkumpul minuman keras dan iman dalam hati seseorang selamanya.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula dengan imam An-Nawawi Al-Bantani ketika mensyarah hadis ini tidak menjelaskan periwayatnya.

Hadis Kesembilan:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ حَتَّى يُزِيْلَ عَقْلَهُ يَأتِيْهِ الشَّيْطَانُ فِيْ دُبُرِهِ أَرْبَعِيْنَ مَرَّةً كَمَا يَأْتِيْ الرَّجُلُ امْرَأَتَهُ}.

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang mengkonsumsi minuman keras sampai hilang akalnya maka setan akan mendatanginya di duburnya selama empat puluh kali sebagaimana seorang laki-laki mendatangi istrinya.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula dengan imam An-Nawawi Al-Bantani ketika mensyarah hadis ini tidak menjelaskan periwayatnya.

Hadis Kesepuluh:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {لَعَنَ اللهُ الْخَمْرَ وَشَارِبَهَا وَسَاقِيَهَا وَبَائِعَهَا ومُبْتَاعَهَا وعَاصِرَهَا وَمُعْتَصِرَهَا وَحَامِلَها وَالْمَحْمُوْلَةَ إِلَيْهِ وَآكِلَ ثَمَنِهَا}

Nabi saw. bersabda, “Allah melaknat minuman keras, orang yang mengkonsumsinya, yang menuangkannya (kepada orang lain), penjualnya, pembelinya, pemerasnya, orang yang meminta untuk memeraskannya (membuatkan minuman keras), pembawanya, orang yang meminta untuk membawakannya, dan orang yang memakan hasil dari penjualannya.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Abu Daud dan imam Al-Hakim dari sahabat Ibnu Umar r.a.

Baca Juga :  Macam-macam Siksa Kubur; Diperlihatkan Neraka Jahanam

Demikianlah sepuluh hadis yang telah dijelaskan oleh imam As-Suyuthi tentang akibat dari mengkonsumsi minuman keras di dalam kitabnya yang berjudul Lubbabul Hadits. Di mana di dalam kitab tersebut, beliau menjelaskan empat puluh bab dan setiap bab beliau menuliskan sepuluh hadis dengan tidak menyantumkan sanad untuk meringkas dan mempermudah orang yang mempelajarinya. Meskipun begitu, di dalam pendahuluan kitab tersebut, imam As-Suyuthi menerangkan bahwa hadis nabi, atsar, maupun riwayat yang beliau sampaikan adalah dengan sanad yang shahih (meskipun menurut imam An-Nawawi di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits ketika mensyarah kitab ini mengatakan ada hadis dhaif di dalamnya, hanya saja masih bisa dijadikan pegangan untuk fadhailul a’mal dan tidak perlu diabaikan sebagaimana kesepakatan ulama). Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here