Hadis-hadis Keutamaan Shadaqah

0
722

BincangSyariah.Com – Shadaqah merupakan salah satu ibadah sosial yang dianjurkan bagi setiap muslim. Di dalam kitab Lubbabul Hadis bab ke tujuh belas, imam As-Suyuthi (w. 911) menuliskan sepuluh hadis tentang fadhilah atau keutamaan shadaqah yang perlu kita perhatikan sebagaimana berikut.

Hadis Pertama:

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الصَّدَقَةُ تَمْنَعُ مِيْتَةَ السَّوْءِ}.

Nabi saw. bersabda, “Shadaqah itu mencegah mati dalam keadaan buruk.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Al-Qudha’i dari sahabat Abu Hurairah r.a. Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa maksud meninggal dalam keadaan buruk atau tidak baik-baik adalah keadaan buruk yang tidak mendapatkan pujian, seperti kebakaran dan tenggelam.

Hadis Kedua:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {صَدَقَةُ السِّرِّ تُطْفِىءُ غَضَبَ الرَّبِّ وَصَدَقَةُ الْعَلاَنِيَةِ جُنَّةٌ مِنَ النَّارِ}.

Nabi saw. bersabda, “Shadaqah secara sembunyi-sembunyi itu memadamkan amarah Tuhan, sedangkan shadaqah secara terang-terangan itu benteng dari api neraka.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits yang merupakan syarah kitab ini, imam An-Nawawi tidak menjelaskan periwayat hadis ini sebagaimana hadis-hadis lainnya. Hanya saja kami menemukan setengah redaksi hadis ini (shadaqatus sirri tuthfi’u ghadhabarrabbi) saja di dalam riwayatnya imam Al-Baihaqi dari sahabat Abu Said Al-Khudri.

Hadis Ketiga:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الصَّدَقَةُ تَسُدُّ سَبْعِيْنَ بَابًا مِنَ السُّوْءِ}.

Nabi saw. bersabda, “Shadaqah itu menutup tujuh puluh pintu kejelekan.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ath-Thabarani dari sahabat Rafi’ bin Khadij dengan sanad yang dhaif.

Hadis Keempat:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {اتّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَإنْ لَمْ تَجِدُوْا فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ}.

Nabi saw. bersabda, “Takutlah dengan api neraka (jadikanlah shadaqah dan amal-amal kebajikan antara kamu dan neraka jahannam sebagai penjaganya) meskipun dengan separuh kurma, jika kalian tidak menemukannya (untuk dijadikan shadaqah), maka dengan perkataan yang baik.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ahmad, imam Al-Bukhari, dan imam Muslim dari sahabat ‘Adi bin Hatim r.a.

Baca Juga :  Pandangan Ibnu Arabi Mengenai Doktrin Trinitas yang Kudus (Bagian I)

Hadis Kelima:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {لَا تَسْتَحْيُوا مِنْ إِعْطَاءِ الْقَلِيْلِ فَإِنَّ الْحِرْمَانَ أَقَلُّ مِنْهُ}.

Nabi saw. bersabda, “Janganlah kalian malu dengan pemberian yang sedikit, karena tidak memberi sedikit itu lebih sedikit dari pada memberi sedikit.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits yang merupakan syarah kitab ini, imam An-Nawawi tidak menjelaskan periwayat hadis ini sebagaimana hadis-hadis lainnya.

Hadis Keenam:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {مَنْ نَهَرَ سَائِلًا نَهَرَتْهُ الْمَلَائِكَةُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ}.

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang memudahkan orang yang meminta, maka malaikat akan mempermudahnya di hari Kiamat.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits yang merupakan syarah kitab ini, imam An-Nawawi tidak menjelaskan periwayat hadis ini sebagaimana hadis-hadis lainnya.

Hadis Ketujuh:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {مَهْرُ الْحُوْرِ الْعِيْنِ قَبْضَةُ التَّمْرِ وَفَلْقُ الْخُبْزِ}.

Nabi saw. bersabda, “Maharnya bidadari surga adalah segenggam kurma dan setengah roti.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits yang merupakan syarah kitab ini, imam An-Nawawi tidak menjelaskan periwayat hadis ini sebagaimana hadis-hadis lainnya.

Hadis Kedelapan:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {مَا نَقَصَ مَالٌ مِنْ صَدَقَةٍ}.

Nabi saw. bersabda, “Harta tidak akan berkurang karena shadaqah.” Hadis ini merupakan penggalan hadis riwayat imam At-Thabarani dari ummul mukminin Ummu Salamah r.a. Imam An-Nawawi Al-Bantani menjelaskan bahwa harta itu justru akan semakin banyak dengan keberkahan di dunia sebab shadaqah dan dapat menolak keburukan-keburukan. Di akhirat pun ia akan dibalas dengan pahala.

Baca Juga :  Sisi Kemanusiaan dan Kenabian pada Diri Nabi Adam

Hadis Kesembilan:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الصَّدَقَةُ شَيُءٌ عَظِيْمٌ قَالَهَا ثَلَاثًا}.

Nabi saw. bersabda, “Shadaqah itu sesuatu hal yang besar.” Beliau mengatakannya tiga kali. Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits yang merupakan syarah kitab ini, imam An-Nawawi tidak menjelaskan periwayat hadis ini sebagaimana hadis-hadis lainnya.

Hadis Kesepuluh:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الصَّدَقَةُ تَرُدُّ الْبَلاَء وَتُطَوِّلُ الْعُمْرَ}.

Nabi saw. bersabda, “Shadaqah itu menolak bencana dan memperpanjang umur.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits yang merupakan syarah kitab ini, imam An-Nawawi tidak menjelaskan periwayat hadis ini sebagaimana hadis-hadis lainnya.

Demikianlah sepuluh hadis yang telah dijelaskan oleh imam As-Suyuthi tentang keutamaan shadaqah di dalam kitabnya yang berjudul Lubbabul Hadits. Di mana di dalam kitab tersebut, beliau menjelaskan empat puluh bab dan setiap bab beliau menuliskan sepuluh hadis dengan tidak menyantumkan sanad untuk meringkas dan mempermudah orang yang mempelajarinya. Meskipun begitu, di dalam pendahuluan kitab tersebut, imam As-Suyuthi menerangkan bahwa hadis nabi, atsar, maupun riwayat yang beliau sampaikan adalah dengan sanad yang shahih (meskipun menurut imam An-Nawawi di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits ketika mensyarah kitab ini mengatakan ada hadis dhaif di dalamnya, hanya saja masih bisa dijadikan pegangan untuk fadhailul a’mal dan tidak perlu diabaikan sebagaimana kesepakatan ulama). Wa Allahu A’lam bis Shawab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here