Hadis-hadis Keutamaan Kefakiran

0
474

BincangSyariah.Com – Imam Al-Ghazali mengatakan bahwa kefakiran merupakan ungkapan tentang tidak adanya sesuatu yang dibutuhkan. Sementara itu, tidak adanya sesuatu yang tidak dibutuhkan itu tidak disebut fakir. Di dalam kitab Lubbabul Hadis bab ke dua puluh empat, imam As-Suyuthi (w. 911) menuliskan sepuluh hadis tentang fadhilah atau keutamaan kefakiran yang perlu kita perhatikan sebagaimana berikut.

Hadis Pertama:

وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الفَقْرُ اَزْيَنُ عَلَى الْمُؤْمِنِ مِنَ الْعِذَارِ الْحَسَنِ عَلَى خَدِّ الْفَرَسِ}.

Nabi saw. bersabda, “Kefakiran itu lebih menjadi perhiasan dari pada tanda yang bagus di atas pipinya kuda (perhiasan kuda).” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ath-Thabarani dari Syaddad bin Aus r.a. dan imam Al-Baihaqi dari Sa’ad bin Mas’ud r.a. dengan sanad yang dhaif.

Hadis Kedua:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الفَقْرُ شَيْنٌ عِنْدَ النَّاسِ وَزَيْنٌ عِنْدَ الله يَوْمَ القِيَامَةِ}.

Nabi saw. bersabda, “Kefakiran adalah aib di sisi manusia dan perhiasan di sisi Allah di hari Kiamat.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ad-Dailami dari Anas bin Malik r.a. dan sanadnya dhaif.

Hadis Ketiga:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {حُبُّ الفُقَرَاءِ مِنْ أَخْلاقِ الأَنْبِيَاءِ وَبُغْضُ الفُقَرَاءِ مِنْ أَخْلاَقِ الفَرَاعِنَةِ}.

Nabi saw. bersabda, “Cinta kepada orang-orang fakir adalah bagian dari akhlak para nabi dan benci kepada orang-orang  fakir adalah bagian dari akhlaknya para Fir’aun.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan perawi hadis ini. Begitu pula dengan imam An-Nawawi Al-Bantani di dalam kitab Tanqihul Qaul ketika mensyarah hadis tersebut tidak menyebutkan perawi hadis ini tidak seperti hadis-hadis lainnya.

Hadis Keempat:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {لِكُلِّ شَيْءٍ مِفْتَاحٌ وَمِفْتَاحُ الجَنَّةِ حُبُّ المَسَاكِينِ وَالفُقَرَاءِ لِصَبْرِهِمْ هُمْ جُلَسَاءُ الله تَعَالى يَوْمَ القِيَامَةِ

Baca Juga :  Pesan Rasulullah saw. kepada Khalid bin Sa'id yang Hendak Masuk Islam

Nabi saw. bersabda, “Setiap sesuatu itu mempunyai kunci. Kunci surga adalah cinta kepada orang-orang miskin dan fakir karena kesabaran mereka dan merekalah orang-orang yang adil menurut Allah ta’ala di hari Kiamat.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Abu Bakar  bin La’al dari Umar bin Khattab r.a.

Hadis Kelima:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {إنَّ الله تَعَالى يُحِبُّ عَبْدَهُ المُؤْمِنَ الفَقيرَ المُتَعفِّفَ أَبَا العِيَالِ}.

Nabi saw. bersabda, “Sungguh Allah ta’ala itu menyukai hambanya yang mukmin, fakir, menjaga diri dari hal yang haram dan meminta-minta kepada manusia.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ibnu Majah dari ‘Imran bin Hushain. Imam Al-Minawi sebagaimana dikutip oleh imam An-Nawawi Al-Bantani di dalam kitab Tanqihul Qaul mengatakan bahwa hadis ini menunjukkan disunnahkannya bagi orang fakir itu menjaga diri dari meminta-minta dan tidak bersyukur.

Hadis Keenam:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الفَقْرُ أَمَانَةٌ فَمَنْ كَتَمَهُ كَان عِبَادَةً وَمَنْ باح بهِ فَقَدْ قَلَّد إخوانَهُ المُسْلِمِينَ}.

Nabi saw. bersabda, “Kefakiran itu adalah amanah, siapa yang merahasiakannya maka hal itu menjadi ibadah, dan siapa yang menampakkannya maka sungguh ia telah mengalungi (menjadi beban) pada saudara-saudaranya yang muslim.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ibnu Asakir dari Umar bin Khattab r.a. dengan sanad yang dhaif.

Hadis Ketujuh:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {طُوبى لِلْفُقراءِ والضعفاءِ مِنْ أمَّتي}.

Nabi saw. bersabda, “Beruntunglah bagi orang-orang fakir dan lemah dari umatku.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan perawi hadis ini. Begitu pula dengan imam An-Nawawi Al-Bantani di dalam kitab Tanqihul Qaul ketika mensyarah hadis tersebut tidak menyebutkan perawi hadis ini tidak seperti hadis-hadis lainnya.

Hadis Kedelapan:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الفَقْرُ كَرَامَةٌ مِنْ كَرَاماتِ الله}.

Baca Juga :  Hukum Mewarnai Rambut

Nabi saw. bersabda, “Kefakiran itu suatu kemuliaan dari kemuliaan-kemuliaan Allah.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan perawi hadis ini. Begitu pula dengan imam An-Nawawi Al-Bantani di dalam kitab Tanqihul Qaul ketika mensyarah hadis tersebut tidak menyebutkan perawi hadis ini tidak seperti hadis-hadis lainnya.

Hadis Kesembilan:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {فَضْلُ الفقِير عَلَى الغَنِيِّ كَفَضْلِي عَلى جَميعِ خَلْقِ الله تَعَالى}.

Nabi saw. bersabda, “Keutamaan orang fakir atas orang yang kaya adalah seperti keutamaanku atas seluruh makhluk Allah ta’ala.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan perawi hadis ini. Begitu pula dengan imam An-Nawawi Al-Bantani di dalam kitab Tanqihul Qaul ketika mensyarah hadis tersebut tidak menyebutkan perawi hadis ini tidak seperti hadis-hadis lainnya.

Hadis Kesepuluh:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {لاَ شَيْءَ يُعطِيهِ الله مِثْلُ الفَقْرِ}.

Nabi saw. bersabda, “Tidak ada sesuatu pun yang diberikan Allah yang lebih baik seperti kefakiran.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan perawi hadis ini. Begitu pula dengan imam An-Nawawi Al-Bantani di dalam kitab Tanqihul Qaul ketika mensyarah hadis tersebut tidak menyebutkan perawi hadis ini tidak seperti hadis-hadis lainnya.

Demikianlah sepuluh hadis yang telah dijelaskan oleh imam As-Suyuthi tentang keutamaan kefakiran di dalam kitabnya yang berjudul Lubbabul Hadits. Di mana di dalam kitab tersebut, beliau menjelaskan empat puluh bab dan setiap bab beliau menuliskan sepuluh hadis dengan tidak menyantumkan sanad untuk meringkas dan mempermudah orang yang mempelajarinya. Meskipun begitu, di dalam pendahuluan kitab tersebut, imam As-Suyuthi menerangkan bahwa hadis nabi, atsar, maupun riwayat yang beliau sampaikan adalah dengan sanad yang shahih (meskipun menurut imam An-Nawawi di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits ketika mensyarah kitab ini mengatakan ada hadis dhaif di dalamnya, hanya saja masih bisa dijadikan pegangan untuk fadhailul a’mal dan tidak perlu diabaikan sebagaimana kesepakatan ulama). Wa Allahu A’lam bis Shawab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here