Habib Luthfi Diangkat Menjadi Penasihat di Kemenag

0
26

BincangSyariah.Com – Kementrian Agama RI telah meminta dan menjadikan Habib Luthfi sebagai penasihat yang bertugas memberi masukan strategis dalam memimpin Kementerian Agama.

Hal tersebut diungkapkan Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal melalui keterangan resmi pada Jumat (18/12) dalam laporan CNN Indonesia.

Habib Luthfi adalah salah satu tokoh yang masuk dalam daftar tokoh Islam paling berpengaruh di dunia tahun 2020 versi The Muslim 500. Ia berhasil menduduki posisi ke-32 dari 50 tokoh berpengaruh dunia 2020.

Menteri Agama Fachrul Razi memutuskan untuk mengangkat anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya sebagai penasihat Menteri Agama dalam melaksanakan tugas memimpin Kementerian Agama.

Fachrul mengharapkan arahan dan masukan dari Habib Luthfi sebagai ulama tersohor di Indonesia saat ini. Habib Luthfi akan melaksanakan tugas memberikan masukan kepada Fachrul dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan dan kerukunan umat beragama.

Kevin Haikal menyatakan, “Habib Luthfi sosok ulama kharismatik yang selalu dan tidak pernah lelah bicara tentang persatuan dan kesatuan di NKRI.”

Hingga saat ini, Habib Luthfi masih menjabat sebagai anggota Wantimpres periode 2019-2024. (Baca: Habib Luthfi bin Yahya: Jabatan Itu Amanat Bukan Hal Sepele dan Pesan Rasul untuk Abu Dzar)

Luthfi yang dikenal dengan sebutan Habib Pekalongan adalah Rais ‘Aam Idaroh Aliyah Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) periode 2017 – 2022.

Selain itu, ia juga merupakan pengasuh atau Ra’is ‘Am Jami’iyyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah (Jatman) dan menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah pada 2005-2010.

Ia juga mendirikan AhliThoriqoh al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (MATAN), sebuah organisasi tarekat yang disediakan untuk kelompok pelajar di kalangan mahasiswa.

Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al Mu’tabaroh An Nahdliyyah atau MATAN adalah organisasi tarekat untuk kalangan mahasiswa yang diprakarsai oleh Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya Pekalongan, Ro’is ‘am JATMAN (Jamiyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah) yang berafiliasi kepada organisasi Islam Nahdlatul Ulama.

Habib Luthfi menyebarkan dan mengajarkan model keislaman yang moderat kepada para jemaahnya melalui majelis demi majelis.

Selain menjadi pendakwah, Habib Luthfi juga menjadi Ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah. Beliau juga menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia sejak 13 Desember 2019.[]

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here