Habib Luthfi Berharap Hadirnya Ulama Sufi dapat Sejukkan Suasana Politik

0
370

BincangSyariah.Com – Habib Luthfi bin Yahya, pencetus ide konferensi sufi yang menyatukan ulama seluruh dunia, berharap hadirnya ulama sufi di Indonesia dapat dapat menyejukkan suasana politik menjelang pilpres yang akan berlangsung pekan depan.

“Semoga para beliau diberi sehat walafiat, jadi penyejuk untuk menghadapi pilpres. Dengan bekal kliwonan ini akan menghadapinya dengan segala ketenangan dan ketentraman, memberi contoh keteladanan yang baik khususnya untuk generasi kita ke depan,” ujar Habib Luthfi saat ditemui pada hajatan rutinan Jumat Kliwon yang berlangsung di Gedung Kanzus Sholawat, Jalan dr Wahidin 70 Pekalongan, Jumat (5/4).

Konferensi Ulama Sufi Internasional atau Al-Muntada as-Sufy al-Alamy, yang digelar oleh Jamiyyah Ahlit Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (JATMAN) itu akan diselenggarakan di Pekalongan, Jawa Tengah 8-10 April 2019. Dengan mengambil tema Peranan Tasawuf untuk Kebahagiaan Umat Manusia dan Keselamatan Negara.

Sebagaimana dilansir dari laman NUOnline, kegiatan akan dihelat di 4 tempat, yakni Hotel Santika dan Horison di Kota Pekalongan serta Pendopo dan Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kajen Kabupaten Pekalongan.

Rangkaian kegiatan konferensi akan terbagi dalam empat sidang komisi, terdiri dari Komisi A (Ulama Luar Negeri), Komisi B (Tasawuf), Komisi C (Ekonomi), dan Komisi D (Fiqih). Sidang-sidang komisi ini akan berlangsung mulai 8-9 April dan dilaksanakan di empat titik: dua titik di Kajen Kabupaten Pekalongan dan dua lagi di di Kota Pekalongan.

Perinciannya, sidang Komisi C akan digelar di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kajen, sidang Komisi D di Pendopo Kabupaten Pekalongan, sementara sidang Komisi A bertempat di Hotel Santika, sedangkan sidang Komisi B di Hotel Horison, Kota Pekalongan.

“Dijadwalkan, kegiatan konferensi akan ditutup oleh Menteri Agama RI pada Rabu 10 April 2019 di Pendopo Kabupaten Kabupaten Pekalongan,” papar Mashudi, Sekretaris Umum Panitia Pusat Konferensi.

Baca Juga :  Menurut Para Ulama, Ini Maksud "Mujaddid" dalam Hadis Nabi

Setidaknya telah ada 80 ulama internasional dari 40 negara yang sudah menyatakan siap hadir dari 91 negara yang diundang. Sedangkan dari dalam negeri ada ratusan ulama dan Mursyid Thariqah.

Salah satu ulama internasional yang hadir, Mufti Syiria Syech Adnan Al-Afyauni,  mengapresiasi acara konferensi sufi internasional di Pekalongan sebagai yang terbesar se-dunia.

Selain itu terdapat sejumlah tokoh nasional untuk mengisi kegiatan tersebut di antaranya Menteri Pertahanan RI Ryamizad Ryacudu, Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto, dan lain-lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here