Faidah Mengetahui Nama Asli Nabi Khidir

0
15178

BincangSyariah.Com – Nama asli beliau adalah Balya Bin Malkan. Beliau lebih dikenal dengan nama julukannya, yaitu Khidir. Beliau dijuluki khidir dikarenakan setiap tempat yang beliau singgahi langsung menjadi hijau. Ini sebagaimana yang disampaikan oleh Syekh Ibrahim Al-Bajuri dalam mukadimah kitabnya, Al-Baijuri ‘ala Ibni Qosim,

وكذا الخضر بفتح الخاء وكسر الضاد او سكونها ولقب بذلك لانه ما جلس على ارض الا اخضرت

Wakadzal khodru bifathil kho’i wakasridldlodi aw sukuniha waluqiba bidzalika liannahu ma jalasa fi ardin illakhdorrot.

Seperti itu juga Nabi Khidir, (termasuk sahabat), dibaca dengan kho’ fathah dan dlod kasroh  (khodir) atau sukun (khodr). Beliau dijuluki demikian karena dimana saja bumi yang beliau duduki, maka langsung menjadi hijau (subur).

انما سمي الخضر لانه اذا جلس على فروة بيضاء فاذا هي تهتز من خلفه خضراء

“Beliau diberi nama Khidr karena ketika beliau duduk di atas tanah putih, tiba-tiba iabergetar, lalu di belakang beliau berwarna hijau (subur).” (HR. Bukhari 3221, Fathul Bari)

Nama Nabi Khidir tidak disebut langsung oleh Allah Swt. dalam al-Quran. Namun ayat yang berhubungan dengan beliau tercatat di dalamnya. Bahkan kisah beliau dengan Nabi Musa cukup menjadi perhatian umat islam. Kisah nabi dan rasul ini terdapat dalam surat al-Kahfi ayat 65,

فَوَجَدَا عَبْدًا مِّنْ عِبَادِنَآ اٰتَيْنٰهُ رَحْمَةً مِّنْ عِنْدِنَا وَعَلَّمْنٰهُ مِنْ لَّدُنَّا عِلْمًا

Lalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan rahmat kepadanya dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan ilmu kepadanya dari sisi Kami. (Qs. Al-Kahfi (18) : 65)

Kisah antara Nabi Musa dan Nabi Khidir ini tentang tiga hal, yaitu kapal yang dirusak, anak kecil yang dibunuh, dan bangunan hampir roboh yang direnovasi. Ketiga hal ini adalah hal aneh pada Nabi Musa as. dan hal yang biasa bagi Nabi Khidir. Karena apapun yang dikerjakan oleh Nabi Khidir adalah berdasarkan ilham dari Allah Swt. Ilmu yang dimiliki Nabi Khidir adalah Ilmu Ladunni (ilmu hakikat) sedangkan ilmu Nabi Musa adalah Kasbi. Jadi wajar terjadi perbedaan pandangan antara keduanya.

Baca Juga :  Mutiara Makrifat Perjalanan Hidup Nabi Khidir

Jadi, Nabi Balya Bin Malkan ini adalah nabi yang menjadi guru dari Nabi Musa as. Beliau adalah salah satu nabi yang sampai detik ini masih belum wafat. Selain beliau, ada nama Nabi Isa yang belum merasakan maut. Sangat banyak orang yang ingin berjumpa dengan beliau. Jangankan di dunia nyata, dalam mimpi saja banyak yang merindukan pertemuan dengan beliau. Bahkan ada yang sampai bertapa (kholwat) di pinggir sungai patemon (pertemuan dua sungai) untuk bertemu dengan Nabi Khidir.

Jangankan para waliyullah atau para ulama, orang biasa seperti saya juga ingin sekali berjumpa dengan beliau walaupun hanya sekedar mencium tangannya. Namun, ketika di antara kita tetap tidak bisa menjumpai beliau sampai akhir hayat, maka alangkah ruginya jika kita tidak tahu terhadap nama asli beliau. Nama asli beliau adalah Nabi Balya bin Malkan. Semoga Allah Swt. memberikan rahmat dan salamnya untuk beliau dan kita diberikan kesempatan untuk berjumpa dengan beliau di dunia. Amin.

Allah Ta’ala A’lam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here