Enam Syarat Meraih Ilmu Menurut Sayyidina Ali bin Abi Thalib

0
9165

BincangSyariah.Com – Syekh Az-Zarnuji di dalam kitab Ta’limul Muta’allim Thariqut Ta’allum mengutip syair indah tentang enam syarat meraih ilmu menurut sayyidina Ali bin Abi Thalib karramaallahu wajhah sebagai berikut.

أَلَا لَنْ تَنَالَ الْعِلْمَ إِلَّا بِسِتَّةٍ # سَأُنْبِيْكَ عَنْ مَجْمُوْعِهَا بِبَيَانٍ

ذَكَاءٍ وَحِرْصٍ وَاصْطِبَارٍوَبُلْغَةٍ # وَإِرْشَادِ أُسْتَاذٍ وَطُوْلِ زَمَانٍ

Ingatlah engkau tidak akan meraih ilmu kecuali dengan enam hal # saya akan memberitahukan kepadamu penjelasan semuanya. Cerdas, keinginan yang kuat, sabar, bekal, petunjuk guru, dan waktu yang lama.

Jadi, ada enam syarat jika kita ingin meraih ilmu:

  1. Cerdas. Ketika mencari ilmu hendaknya pelajar memiliki target, planning, dan strategi dalam mendapatkannya. Dengan memaksimalkan otak dan pikirannya ketika belajar, maka insya Allah seorang pelajar akan meraih ilmu dengan baik.
  2. Keinginan yang kuat. Seorang pelajar hendaknya memiliki keinginan, tekad yang kuat, dan tidak tidak malas-malasan dalam meraih ilmu.
  3. Sabar. Seorang pelajar tidak boleh patah semangat dan mengeluh ketika meraih ilmu. Ia hendaknya bersabar dengan mempelajarinya sedikit demi sedikit, sabar ketika berada di kelas/majelis ilmu dengan memperhatikan penjelasan gurunya dengan baik, dan sabar ketika mendapatkan ujian di tengah proses belajar.
  4. Bekal. Seorang pelajar hendaknya mau mengeluarkan bekal/uangnya ketika belajar, seperti uang untuk membayar spp, uang untuk membeli buku, kitab, dan bopoint, atau uang untuk transportasi menuju tempat belajar.
  5. Petunjuk guru. Seorang pelajar juga harus memiliki guru yang dapat membimbingnya dan mengarahkannya untuk meraih ilmu yang sedang ia pelajari. Hal ini sangat penting sekali agar ia tidak salah arah dan salah paham dengan apa yang ia pelajari.
  6. Waktu yang lama. Ilmu tidak dapat diraih dengan cara yang instan. Diperlukan proses yang panjang untuk meraihnya. Kita pun harus menempuh pendidikan dari TK, SD, SMP, dan SMA. Setelah itu, ketika masih ingin melanjutkan pendidikan lagi ke perguruan tinggi, kita harus menempuh jenjang strata S1 minimal 4 tahun. Bahkan setelah itu pun masih ada jenjang pendidikan S2 dan S3. Di dalam hadis disebutkan bahwa mencari ilmu adalah proses selama kita hidup, dari buaian ibu hingga ke liang lahad. Wa Allahu a’lam bis shawab.
Baca Juga :  Prinsip-prinsip Dakwah Rasulullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here