Enam Nabi yang Namanya Dijadikan Nama Surah Al-Qur’an

0
2202

BincangSyariah.Com – Di antara dua puluh lima nabi yang wajib kita ketahui, ada enam nabi yang namanya dijadikan nama surah Al-Qur’an. Keenam nabi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Yunus

Surah Yunus a.s. termasuk jenis surah Makkiyyah (surah yang diturunkan sebelum Nabi saw. hijrah ke Madinah). Surah ini terdiri dari 109 ayat yang terdapat di dalam juz ke 11 dan surah urutan ke 10. Surah yang dimulai dengan huruf-huruf muqatha’ah “Alif lam ra” ini turun setelah surah Al-Isra’.

Dinamakan surah Yunus adalah disebabkan karena di dalamnya banyak dikisahkan tentang kisah Nabi Yunus a.s. Baik kisah yang berhubungan dengan kepribadian Nabi Yunus a.s. yang ditelan oleh ikan Paus atau kisah tentang kaumnya yang telah diselamatkan oleh Allah swt. dari azab ketika mereka mau beriman dan bertaubat dengan benar.

  1. Hud

Surah Hud a.s. termasuk jenis surah Makkiyah yang terdiri dari 123 ayat. Surah yang berada pada juz 12 ini adalah surah urutan ke 11.

Dinamakan surah Hud a.s. adalah disebabkan karena surah ini mencakup kisah tentang Nabi Hud a.s. beserta kaumnya ‘Ad yang tertuang di dalam ayat 50-60. Surah ini juga mencakup tentang dasar-dasar aqidah/tauhid, amal shalih, hari kebangkitan, hari hisab, dan kenabian Nabi Muhammad saw.

  1. Yusuf

Surah Yusuf termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 111 ayat. Dinamakan surah Yusuf disebabkan karena di dalamnya terdapat kisah Nabi Yusuf a.s. Di antara kisahnya adalah tentang tafsir mimpi Nabi Yusuf a.s., hasud/irinya saudara-saudara Nabi Yusuf a.s. kepadanya, perpisahan antara Nabi Yusuf a.s. dengan ayahnya, dijualnya Nabi Yusuf a.s. di pasar Mesir, Nabi Yusuf a.s. dibeli oleh Al-Aziz (perdana mentri Mesir) dan istrinya hingga digambarkan ketampanan Nabi Yusuf a.s. yang membuat para perempuan Mesir terpana.

Baca Juga :  Hadiah Umrah untuk Santri Berprestasi

Dikisahkan oleh sahabat Sa’ad bin Abi Waqqash bahwa sebab turunnya surah ini adalah ketika Yahudi bertanya kepada Rasulullah saw. tentang kisah Nabi Yusuf a.d.

  1. Ibrahim

Surah Ibrahim termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 52 ayat. Dinamakan surah Ibrahim disebabkan karena di dalamnya mengisahkan tentang Nabi Ibrahim a.s. (bapaknya para nabi) pada ayat 35-41. Yakni beliau dan putranya Ismail membangun Baitul Haram serta berdoa kepada Allah swt. agar diberikan hidayah. Selain itu, Nabi Ibrahim a.s. juga berdoa agar dirinya dan keturunannya dijauhkan dari menyembah berhala dan dijadikan termasuk orang-orang yang mendirikan shalat.

  1. Muhammad

Surah Muhammad termasuk jenis surah Madaniyyah yang terdiri dari 38 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 26 dan menempati urutan surah ke 47. Dinamakan surah Muhammad karena di dalamnya menjelaskan tentang turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad saw.

Surah ini turun setelah surah Al-Hadid dan sebelum surah Ar-Ra’d. Du dalam shahih Al-Bukhari disebutkan bahwa nama lain dari surah Muhammad adalah surah Alladzina kafaruu. Surah ini juga disebut dengan nama surah Al-Qital (peperangan). Hal ini disebabkan karena di dalamnya disebutkan pensyariatannya jihad di jalan Allah swt.

  1. Nuh

Surah Nuh termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 28 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 29 dan menempati urutan surah ke 71. Dinamakan surah Nuh karena di dalamnya terdapat kisah tentang Nabi Nuh a.s. yang berdakwah kepada kaumnya tentang ketauhidan, peringatan tentang hari kebangkitan dan adzab Allah swt., dan keajaiban-keajaiban kuasa Allah swt.

Namun, kaumnya kufur, sombong, dan memilih tetap menyembah berhala-berhala mereka yang telah mereka beri nama (Wadd, Suwa‘, Yagus, Ya‘uq dan Nasr). Kemudian, Nabi Nuh a.s. memintakan ampunan untuk orang-orang yang mau beriman dan meminta kehancuran untuk orang yang zalim. Dan mereka pun diberikan azab oleh Allah swt. berupa topan dan banjir bandang yang meluluh lantakkan semuanya.

Baca Juga :  Menguak Sisi Hermetisme dalam Doktrin Trinitas Kristen

Demikianlah enam Nabi yang namanya dijadikan nama surah Al-Qur’an. Semoga kita dapat meneladani kisah-kisah mereka yang sangat sabar ketika berdakwah kepada kaumnya. Wa Allahu a’lam bis shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here