Empat Nabi yang Masih Ada Hingga Sekarang

2
6422

BincangSyariah.Com – Setiap makhluk hidup pasti akan mengalami kematian, termasuk para nabi dan utusan Allah. Mereka hidup seperti umumnya manusia biasa, makan, minum, nikah, tidur dan wafat. Bahkan umurnya pun seperti umur rata-rata kaumnya.

Meski demikian, ada empat nabi yang diberi umur panjang oleh Allah dan hidup hingga sekarang, dua nabi hidup di langit dan dua lainnya hidup di bumi. Dua nabi yang hidup di langit adalah Nabi Isa dan Idris, sementara yang hidup di bumi adalah Nabi Khidir dan Nabi Ilyas. Disebutkan bahwa Nabi Khidir dipercaya menjaga lautan, sementara Nabi Ilyas dipercaya untuk menjaga daratan.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Ishabah, dari Ibnu Syahin, dia berkata;

أربعة من الأنبياء أحياء: اثنان في السماء عيسى وإدريس واثنان في الأرض: الخضر وإلياس فأما الخضر فإنه في البحر وأما صاحبه فإنه في البر

Ada empat orang dari golongan para nabi yang masih hidup; dua hidup di langit, yaitu Nabi Isa dan Nabi Idris, dan dua hidup di bumi, yaitu Nabi Khidir dan Nabi Ilyas. Adapun Nabi Khidir hidup di lautan, sementara temannya hidup di daratan.

Hal ini juga disebutkan dalam kitab Al-Bidayah wa Al-Nihayah, sebagaimana berikut;

وقال مكحول عن كعب : أربعة أنبياء أحياء ، اثنان في الأرض : إلياس والخضر ، واثنان في السماء : إدريس وعيسى

Imam Makhul berkata dari Ka’ab: ‘Empat dari golongan para nabi masih hidup; dua di bumi, yaitu Ilyas dan Khidir, dan dua di langit, yaitu Nabi Idris dan Isa.

Keempat nabi di atas akan tetap hidup atas izin Allah sampai waktu yang telah ditentukan oleh Allah. Hanya Allah yang berhak menghidupkan hambanya dan Dia pula yang berhak mewafatkannya.

Baca Juga :  Moment Saat Nabi Perhatian kepada Istrinya; Shafiyyah

2 KOMENTAR

  1. أَرَأَيْتَكُمْ لَيْلَتَكُمْ هَذِهِ فَإِنَّ عَلَى رَأْسِ مِائَةِ سَنَةٍ مِنْهَا لاَ يَبْقَى مِمَّنْ هُوَ عَلَى ظَهْرِ الأَرْضِ أَحَدٌ

    “Lihatlah malam kalian ini, maka sesungguhnya tidak ada seorang pun di atas bumi ini yang tersisa hidup setelah seratus tahun (dari malam ini)” [HR.Muslim] [15]

    Hadits di atas menunjukkan bahwa Nabi Khadhir Alaihissalam sudah meninggal dunia. Seandainya beliau masih hidup di malam itu, maka wafat beliau tidaklah lebih dari seratus tahun (dihitung dari malam tersebut)[16]. Jika demikian, maka beliau sekarang sudah meninggal dunia.

    Read more https://almanhaj.or.id/2588-nabi-khadhir-alaihissalam-sudah-wafat.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here