Empat Cara Mendidik Anak yang Over Aktif

0
1141

BincangSyariah.Com – Muhammad Said Mursi dalam kitabnya yang berjudul Fannu Tarbiyati al-Aulad fi al-Islam mengatakan ada beberapa cara mendidik anak yang bisa diterapkan untuk anak yang over aktif dan tidak bisa diam.

Pertama, melibatkan anak dalam aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan orangtua. Arahkan mereka melakukan hal-hal yang menyenangkan dan edukatif. Sebab bila keseharian anak yang over aktif tidak diisi dengan kegiatan positif ditakutkan dia akan melakukan hal negatif.

Banyak hal yang bisa dilakukan bersama anak-anak kita tercinta seperti mengajak mereka  joging, membantu mencuci mobil meski pada akhirnya si anak hanya bermain air, mengizinkan buah hati ikut mencetak kue yang sedang dibuat Ibu, atau mengajak mereka merapikan kamar masing-masing setelah tidur dan lain sebagainya.

Kedua, mengikutsertakan anak dalam kegiatan yang bermanfaat. selain untuk menampung tenaga over aktif sang anak hal tersebut juga bagus untuk mengasah keterampilan dan bakat mereka. Seperti bergabung klub olahraga yang mereka suka, seperti taekwondo, pencak silat, basket, renang, sepak bola. Atau mendaftarkan mereka dalam kegiatan summer camp, pramuka dan lain-lain.

Ketiga, mengunjungi saudara, kerabat dan teman-teman yang juga memiliki anak kecil seumuran agar mereka bisa bermain bersama dan mengeluarkan tenaga mereka dalam kegiatan positif di daerah terbuka namun tetap dalam pengawasan orangtua.

Keempat. Bertamasya dan jalan-jalan bersama untuk melepas penat dan mempererat hubungan anak dengan orangtua yang telah sibuk bekerja selama sepekan. Lakukan liburan keluarga minimal sebulan sekali atau setiap pekan, jarak tempuh bisa menyesuaikan, yang terpenting habiskan waktumu bersama keluarga di akhir pekan dengan kegiatan menyenangkan.

Baca Juga :  Anak Belajar dengan Meniru, Ini Empat Tips untuk Mendidiknya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here