BincangSyariah.Com – Alhamdulillah, berkat Pertolongan Allah Swt dan juga kerjasama yang solid dari semua tim, program terbaru El-Bukhari Institute, Sekolah Hadis dengan Metode Short Course dan FGD dapat terselenggara dengan baik dan sukses. Kegiatan perdana tersebut dibuka secara resmi sejak bulan September yang lalu dan baru berakhir pada tanggal 14 November kemaren untuk kelas Mustalah. Kegiatan tersebut diakhiri dengan ujian akhir program yang diikuti oleh semua peserta yang berasal dari berbagai instansi dan jenjang pendidikan yang berbeda-beda.

Sebagaimana tujuan awalnya, program ini dirancang secara intensif selama kurang lebih 14x pertemuan/program dan dibagi menjadi tiga level yang berbeda sesuai dengan kecendrungan peserta, yaitu kelas mustalah, kelas takhrij, dan kelas thuruq. Kelas mustalah membantu peserta untuk menguasai materi-materi dasar seputar Ilmu Mustalah Hadis, kelas takhrij berusaha mengenalkan kepada peserta berbagai macam metode takhrij hadis dasar serta kajian sanadnya, sedangkan kelas thuruq bertujuan untuk mendiskusikan bagaimana metode memahami hadis-hadis Nabi secara baik dan benar.

Ketiganya merupakan inti dari kajian hadis kontemporer sebagaimana yang juga pernah disebutkan oleh Kyai Ali Mustafa Yaqub dalam beberapa bukunya. Sehingga dengan mengikuti program ini para peserta dapat mengarungi sebuah cabang keilmuan yang kompleks di mana sangat sedikit di antara akademisi saat ini yang mau dan rela mewakafkan dirinya untuk mengkajinya secara serius nan mendalam, yaitu Ilmu Hadis. Untuk itulah sesungguhnya EBI dengan program Sekolah Hadis-nya berusaha mengisi kekosongan –atau paling tidak kesunyian itu- agar dapat tumbuh dan berkembanglebih pesat untuk beberapa tahun ke depan.

Kelebihan program ini terletak pada bentuk penyajian dan durasi belajarnya yang lebih singkat, yaitu lebih kurang 14x pertemuan / program. Hal ini terinspirasi dari beberapa program serupa yang pernah diadakan oleh lembaga penelitian lain dalam disiplin ilmu yang berbeda, seperti Sekolah Demokrasi yang diadakan oleh Komunitas Indonesia untuk Demokrasi (KID), Pendidikan Kader Mufasir oleh Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) pimpinan Prof. Quraisy Shihab, dan lain sebagainya. Sehingga dengan demikian, program ini mencoba menepis anggapan sementara orang yang menyebutkan bahwa belajar hadis itu harus lama dan bertahun-tahun.

Baca Juga :  el-Bukhari Institute Kembali Buka Pendaftaran Sekolah Hadis Angkatan Ketiga

Menyusul kesuksesan periode September tersebut, maka untuk November ini, Sekolah Hadis kembali membuka kelas baru untuk semua level bagi siapa saja yang berminat, baik dari kalangan mahasiswa ataupun umum. Program lanjutan ini akan dimulai pada hari Kamis, 24 November 2016 mendatang dengan pilihan jadwal setiap Senin dan Kamis untuk kelas Takhrij, Selasa dan Jum’at untuk kelas Mustalah, serta Rabu dan Sabtu untuk kelas Thuruq. Masing-masing kelas berdurasi 1,5 jam untuk setiap pertemuan, yaitu dari jam 16.00 sampai dengan 17.30 Wib dengan kuota minimal peserta sebanyak lima sampai sepuluh orang / kelas.

Bagi Anda yang berminat mengikuti program ini dipersilahkan untuk mendaftarkan diri melalui nomor kontak 0852-6325-3933(WA/SMS) atau BBM ke 581F7292. Pendaftaran juga bisa dengan datang langsung ke kantor El-Bukhari Institute yang beralamat di Jalan Cempaka, No. 52B, Cereundeu, Ciputat Timur, Tangsel, Banten. (Lapangan Kabadiyah/Pasar Malam Jum’at). Informasi lebih lanjut baca situs kami di www.elbukhariinstitute.org.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here