Dua Peristiwa Penting di Bulan Jumadil Akhir

0
346

BincangSyariah.Com – Bulan Jumadil akhir; yang paling tepat adalah Jumadal Akhirah/ Jumada al-Tsaniyah merupakan bulan keenam dari tahun hijriyah atau qamariyah yang memiliki arti musim kemarau yang penghabisan. Di bulan ini terdapat dua peristiwa penting dalam sejarah Islam sebagai berikut.

Pertama. Wafatnya Abu Bakar As-Shiddiq.

Pada bulan ini tepat pada tanggal 22 Jumadal Akhirah tahun 13 H. bersamaan dengan 12 Agustus 634 M., pada malam hari, sahabat Abu Bakar As-Shiddiq meninggal dunia di usianya yang ke 63 tahun. Beliau kemudian dimakamkan bersebelahan dengan makam Rasulullah saw.

Semasa hidupnya, Abu Bakar merupakan salah satu orang yang pertama masuk Islam sekaligus menerima dakwah dan membenarkan kerasulan Nabi Muhammad saw.

Khalifah Abu Bakar As-Shiddiq memilik akhlak yang luhur, beliau sanggup menginfakkan seluruh hartanya di jalan Allah swt. Sebelum meninggal, sosok penyabar yang juga merupakan mertua dari Rasulullah saw. ini sempat melantik Umar bin Khattab sebagai khalifah yang kedua menggantikan dirinya.

Kedua. Terjadinya perang Yarmuk pada bulan Jumadal Akhirah tahun ke 13 H.

Peperangan ini dipimpin oleh Khalid bin Al-Walid dengan jumlah pasukan muslimin sebanyak 45.000 orang dan menghadapi tentara Rum (Bizantium) sebanyak 240.000 orang.

Dalam peperangan ini, separuh tentara Rum hilang. Sedangkan dari pihak kaum muslimin mencapai sekitar 3000 orang syahid. Tentara kaum muslimin yang dipimpin oleh Khalid bin Al-Walid ini memenangkan peperangan.

Demikian dua peristiwa penting dalam sejarah Islam yang seharusnya kita ketahui. Yakni pada bulan ini merupakan bulan wafatnya khalifah pertama; Abu Bakar As-Shiddiq, sahabat sekaligus mertua Rasulullah saw. dan pada bulan ini terjadi perang Yarmuk antara kaum muslim dan tentara Rum yang dimenangkan oleh umat Islam. Wa Allahu A’lam bis Shawab.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here