Keutamaan Membaca Surah Al-Nazi’at; Mudah Hadapi Hisab Amal Perbuatan

2
3354

BincangSyariah.Com – Surah Al-Nazi’at merupakan surah ke-79 (tujuh puluh sembilan) dalam Al-Quran. Surah ini terdiri dari 42 (empat puluh dua) ayat, dan termasuk golongan surah Makkiyah. Disebutkan bahwa selain dinamakan surah Al-Nazi’at, surah ini juga dinamakan surah Al-Sahiran dan Al-Thammah.

Sebagaimana surah-surah dalam Al-Quran, surah Al-Nazi’at memiliki keistimewaan khusus dan keutamaan tersendiri. Berdasarkan riwayat yang disebutkan oleh Muhammad bin Abdul Wahid Al-Ghafiqi dalam kitab Lamahatul Anwar wa Nafahatul Azhar, setidaknya ada dua keutamaan dan keistimewaan surah Al-Nazi’at.

Pertama, jika seseorang membaca surah Al-Nazi’at, maka kelak hisabnya di alam kubur dan hari kiamat mudah dan waktunya sebentar. Bahkan seukuran melaksanakan shalat wajib di dunia. Ini sebagaimana disebutkan dalam riwayat berikut;

عن ابي بن كعب قال: قال لي النبي صلى الله عليه وسلم: من قرأ سورة والنازعات كان حسابه في القبر وفي القيامة حتى يدخل الجنة قدر صلاة مكتوبة

Dari Ubay bin Ka’ab, dia berkata; Nabi Saw berkata kepadaku, ‘Barangsiapa membaca surah ‘wan nazi’at’, maka hisabnya di dalam kubur dan di hari kiamat hingga masuk ke dalam surga hanya seukuran melaksanakan shalat wajib.

Dalam riwayat lain disebutkan sebagai berikut;

عن ابي بن كعب  عن النبي صلى الله عليه وسلم: من قرأ سورة والنازعات لم يحبس في الحساب يوم القيامة حتى يدخل الجنة الا قدر صلاة مكتوبة

Dari Ubay bin Ka’ab, dari Nabi Saw; Barangsiapa membaca surah ‘wan nazi’at’, maka dia tidak dikumpulkan saat dihisab di hari kiamat hingga masuk surga kecuali hanya seukuran melaksanakan shalat wajib.

Kedua, orang yang membaca surah Al-Nazi’at, maka dia akan masuk dalam keadaan bahagia dan tertawa. Ini berdasarkan hadis berikut;

Baca Juga :  Syaikh Ibnu Taimiyah, Sosok Ulama Hebat tapi Banyak yang Tak Suka

قال عليه السلام: من قرأ سورة والنازعات دخل الجنة ووجهه ضاحك

Barangsiapa membaca surah ‘wan nazi’at’, maka dia akan masuk surga dalam keadaan wajahnya tertawa.

2 KOMENTAR

  1. Surah An-Nazi’at (bahasa Arab:النّازعات) adalah surah ke-79 dalam al-Qur’an. Surah ini tergolong surah Makkiyah, terdiri atas 46 ayat. Dinamakan An Naazi’aat yang berarti Malaikat-malaikat yang mencabut berasal dari kata An Naazi’aat yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

  2. Surah An-Nazi’at (bahasa Arab:النّازعات) adalah surah ke-79 dalam al-Qur’an. Surah ini tergolong surah Makkiyah, terdiri atas 46 ayat. Dinamakan An Naazi’aat yang berarti Malaikat-malaikat yang mencabut berasal dari kata An Naazi’aat yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here