Doa Setelah Belajar Ala Pesantren

0
221

BincangSyariah.Com – Adab atau tata krama ketika melakukan segala sesuatu adalah memulainya dan mengakhirinya dengan berdoa kepada Allah swt. Minimal mengawalinya dengan basmalah dan mengakhirinya dengan hamdalah. Begitu pula ketika dalam proses belajar mengajar, hendaknya diawali dengan doa dan diakhiri pula dengan berdoa. Adapun salah satu doa setelah belajar ala pesantren yang diajarkan oleh para kiai atau ustadz/ ustadzah kepada santri-santrinya adalah sebagai berikut.

رَبِّ فَانْفَعْنَا بِبَرْكَتِهِمْ، وَاهْدِنَا الْحُسْنَى  بِحُرْمَتِهِمْ     #    وَأَمِتْنَا فِيْ طَرِيْقَتِهِمْ وَمُعَافَاةٍ مِنَ الْفِتَنِ

Rabbi fanfa’naa bibarkatihim wahdinal husnaa bihurmatihim #

wa amitnaa fii thariiqatihim wa mu’aafatin minal fitani

Tuhanku berilah manfaat kepada kami dengan barokah mereka (para nabi dan ulama), dan tunjukkan kepada kami kebajikan dengan berkat kehormatan mereka #

Dan matikanlah kami dalam jalan mereka, serta selamatkanlah kami dari fitnah-fitnah.

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَّمْتَنِيْهِ، فَارْدُدْهُ إِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِيْ إِلَيْهِ وَلَا تُنْسِنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

Allahumma innii astaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardudhu ilayya inda haajatii ilahi wa laa tunsiniihi yaa rabbal ‘aalamiin.

Ya Allah sungguh aku titipkan kepada Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, Kembalikanlah ia kepadaku ketika aku butuhkan, dan janganlah Engkau lupakan dariku Wahai Tuhan Semesta Alam.

Wa Allahu a’lam bis shawab.

 

 

Note: doa tersebut yang diajarkan oleh para kiai dan ustadz/ustadzah kepada penulis di pesantren “Bahrul ‘Ulum Tambak Beras Jombang Jawa Timur.”

Baca Juga :  Bahaya serta Manfaat Lidah dan Hati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here