Di Hari Kiamat Kelak, Ini Panggilan Khusus untuk Panggilan Orang yang Memuliakan Bulan Rajab

0
1076

BincangSyariah.Com – Bulan Rajab merupakan salah satu bulan-bulan haram yang diagungkan dalam Islam. Tentu keagungan bulan Rajab ini harus kita manfaatkan untuk menambah ibadah kepada Allah, mulai dari zikir, istighfar, shalawat, shalat-shalat sunah terutama shalat sunah di sepertiga malam. Hal ini karena bulan Rajab disebut dengan syahrullah atau bulan Allah sehingga kita patut menghidupkan bulan ini dengan memperbanyak ibadah kepada Allah.

Dalam hadis yang disebutkan oleh Imam al-Suyuthi dalam kitab Jami’us Shaghir, bahwa Nabi Saw bersabda;

رجب شهر الله وشعبان شهري ورمضان شهر أمتي

“Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku.”

Syaikh Utsman bin Hasan al-Khaubari dalam kitabnya Durratun Nashihin menyebutkan bahwa orang-orang yang memuliakan bulan Rajab dan menghidupkannya dengan menambah kuantitas dan kualitas ibadah kepada Allah, kelak mereka akan memperoleh nama gelar kehormatan dari para malaikat dengan sebutan ‘Rajabiyun.’ Mereka dipanggil sebagai ‘Rajabiyun’ atau orang-orang yang menghidupkan bulan Rajab sebelum mereka masuk ke surga dengan diantarkan langsung oleh para malaikat.

Hal ini berdasarkan sebuah riwayat berikut;

اذا كان يوم القيامة ينادي مناد اين الرجبيون فيخرج نور فيتبع جبرائيل وميكائيل عليهما السلام ذلك النور ويتبع الرجبيون ثم يمرون على الصراط كالبرق الخاطف ثم يسجدون لله شكرا لله تعالى لتجاوزهم الصراط فيقول الله تعالى : اين الرجبيون ارفعوا روؤسكم اليوم قد قضيتم السجود في الدنيا في شهري ارتحلوا الى منازلكم

“Jika hari kiamat sudah tiba, nanti ada malaikat yang akan memanggil, ‘Di mana Rajabiyun (orang-orang yang menghidupkan bulan Rajab dengan ibadah)?’ Kemudian ada cahaya yang keluar, lalu Malaikat Jibril dan Mikail-keselamatan atas keduanya-mengikuti cahaya tersebut dan Rajabiyun mengikuti di belakangnya. Setelah itu, mereka melewati sirath seperti kilat, kemudian mereka sujud kepada Allah sebagai bentuk syukur kepada-Nya karena bisa melewati sirath. Lalu Allah berkata, ‘Pada hari ini, angkatlah kepala kalian. Kalian telah menunaikan sujud kalian di dunia di bulan-Ku (bulan Rajab), berangkatlah kalian pada tempat kalian.’”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here