Dedikasi dan Kontribusi Terhadap Kemanusiaan Hantar Shinta Nuriyah Raih Doktor Kehormatan

0
135

BincangSyariah.Com – Atas dedikasi dan perjuangan menyebar nilai kemanusiaan Nyai Shinta Nuriyah, M. Hum mendapatkan gelar doktor kehormatan (honoris causa) dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta pada Senin (18/12/19). Tim promotor yang diketuai Prof. Ema Marhumah telah melakukan verifikasi sejak tanggal 2 November 2019 hingga menghasilan kerangkan berpkir dan kegiatan praktis yang lahir dari pengalaman pribadi Shinta Nuriyah.

Dalam pidato pengukuhannya dengan judul “Inklusi Dalam Solidaritas Kemanusiaan: Pengalaman Spiritual Perempuan Dalam Kebhinekaan” Shinta Nuriyah banyak mengutip ayat al-Quran sebagai landasan teologis dan spiritual dalam melakukan kerja-kerja kemanusiaannya selama puluhan tahun.

Sejak tahun 2000 Shinta Nuriyah aktif melaksanakan agenda sahur keliling pada bulan Ramadhan. Hal ini merupakan satu di antara sekian kegiatan yang rutin dilaksanakan Shinta bersama dengan Yayasan Puan Amal Hayati yang didirikannya pada tahun yang sama.

“Sasaran kegiatan sahur keliling adalah kaum dhuafa, kelompok marjinal, tukang becak, pengamen, pemulung dan sebagainya. pelaksanaannya juga di tempat yang mentereng dan terang benderang, melainkan di tempat mereka berada seperti di kolong jembatan, di dekat terminal, di tengah pasar, dan sebagainya,” tutur Ibu dari empat putri ini.

Apa yang diungkapkan istri mendiang K.H. Abdurrahman Wahid ini merepresentasikan ibadah puasa yang sesungguhnya, yakni ikut hadir di tengah masyarakat kurang mampu. Selain itu, sahur keliling juga kerap memilih halaman klenteng atau halaman gereja untuk menjadi simbol kerukunan antar umat beragama. (Kumpulan Artikel tentang Gus Dur)

Aula Convention Hall Gedung Prof. Amin Abdullah tampak penuh pada saat acara. Hadir berbagai tokoh seperti Menko Polhukam Mahfud MD, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, dan juga keluarga beserta murid-murid Ibu Negara ini turut serta berbahagia atas penganugerahan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here