Cerita Mahfud MD Tentang Pengorbanan Habibie Menolak Kembali Jadi Presiden

0
839

BincangSyariah.Com – Saat berita wafatnya B.J Habibie terdengar oleh Mahfud MD, lewat twitternya beliau berbagi cerita akan kenangannya tentang sang pengapdi negeri yang bercita-cita membangun dunia dirgantara Indonesia itu. Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional itu menceritakan pengorbanan B.J Habibie yang menolak kembali menjadi Presiden kala itu.

Menurut Mahfud, sebenarnya Habibie berpeluang besar untuk dipilih jadi Presiden lagi oleh MPR pada tahun 1999 tapi dengan kesatria dia tidak mau dicalonkan lagi karena pertanggungjawabannya terkait Referendum di Timtim ditolak oleh MPR.

Padahal menurut konstitusi, lanjut Mahfud, BJ Habibie berhak menjabat Presiden sampai tahun 2003. Tapi dia segera mengumumkan diadakannya Pemilu demokratis agar rakyat memilih Wakil Rakyat dan Presiden baru.

“Dia hanya memilih menjadi Presiden yang bisa mengantarkan pemilu agar rakyat memilih pemimpinnya,” ujar Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 itu lewat kicauan Twitternya pada Rabu (11/9/19).

Di masa jabatannya yang hanya sebentar itu, B.J Habibie telah mencabut banyak Undang-Undang yang menghambat demokrasi, kebebasan pers, pembebasan narapidana Orde Baru, menginisiasi dialog awal masalah Papua dan mempelopori semangat anti-kekerasan seksual terhadap perempuan korban kerusuhan Mei 1998 dengan mendirikan Komnas Perempuan. Beliau adalah Presiden yang telah meletakkan dasar-dasar demokrasi di masa awal reformasi.

Untuk bangsa Indonesia, kenang Mahfud, B.J Habibie adalah penyelamat dan pembangun negara. Meski didemo dan dihujat karena dianggap kroni Pak Harto tapi dia bertahan dengan sabar tegar menyelamatkan negara. Padahal, BJ Habibie jadi Presiden sesuai dengan konstitusi yang ketika itu sebagai Wakil Presiden mengharuskannya menggatikan Pak Harto yang lengser sebagai pada Mei 1998.

Selain itu, BJ Habibie adalah ilmuwan muslim yang taat beribadah. Dari sosok dialah lahir ungkapan “integrasi Iptek dan Imtaq”, ilmu pengetahuan dan iman serta taqwa. Habibie dijadikan role model generasi muda Islam dengan ungkapan “berotak Jerman, berhati Mekah”.

BJ Habibie telah mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional karena prestasi dan reputasinya sebagai ilmuwan kelas dunia. “Beliau juga menjadi kebanggaan kaum muslimin Indonesia karena ketika orang Islam masih dianggap kolot dia menjadi contoh bahwa orang Islam bisa hebat dan tidak perlu inferior,” kata Mahfud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here