Bukti Cinta Shafiyyah terhadap Rasulullah 

0
1723

BincangSyariah.Com –  Salah satu bukti cinta Shafiyyah kepada Rasulullah Saw. terdapat pada hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Sa’d dalam Thabaqatnya tentang istri-istri Rasulullah Saw. yang berkumpul menjelang beliau wafat. Shafiyyah berkata, “demi Allah, ya Nabi, aku ingin apa yang engkau derita juga menjadi deritaku.’

Istri-istri Rasulullah Saw. memberi isyarat satu sama lain dengan matanya. Melihat hal yang demikian, Rasulullah Saw. bersabda, “berkumurlah!” Mereka pun terkejut, “dari apa?” Rasulullah menjawab, “dari isyarat mata kalian terhadapnya. Demi Allah, perkataan Shafiyyah adalah benar.”

Setelah Rasulullah Saw. wafat, Shafiyyah merasa sangat terasing di tengah kaum Muslim. Mereka selalu menganggapnya berasal dari Yahudi. Akan tetapi dia tetap komitmen terhadap Islam dan mendukung perjuangan Rasulullah Saw., termasuk ketika khalifah Utsman bin Affan dikepung oleh orang-orang Khawarij sehingga tidak bisa keluar sama sekali dari rumahnya. Shafiyyah mengirim air dan makanan kepadanya yang sedang teraniaya, meskipun orang-orang Khawarij mengancamnya.

Peran Shafiyyah dalam Penyebaran Sunnah Nabi

Shafiyyah dikenal sebagai muslimah yang berpegang teguh pada agama, bertakwa, bijaksana dan berwibawa. Oleh karena itu, Shafiyyah termasuk dalam barisan ummul mukminin yang menjaga dan menyampaikan sunnah-sunnah Rasulullah Saw. Di antara deretan perawi yang meriwayatkan hadis dari Shafiyyah adalah Ali bin Husain, Ishaq bin Abdullah bin Harits, Kinanah pelayannya, dll. Dikatakan dalam Siyar A’lam al-Nubala, hadis-hadis yang diriwayatkan dari jalur Shafiyyah ada sepuluh hadis. Salah satunya terdapat dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim.

Selain itu, Shafiyyah juga berperan dalam penetapan hukum berkenaan dengan diperbolehkannya seorang istri untuk mengunjungi suaminya yang berada di tempat i’tikaf, dan diperbolehkannya suami untuk mengantar istri sampai ke pintu masjid, sebagaimana telah dikisahkan sebelumnya.

Baca Juga :  Melacak Kitab Hadis Abad 1 Hijriah

Untuk membaca secara lengkap biografi utuh Shafiyyah, silakan baca beberapa artikel berikut.

Nasab Shafiyyah: Istri Rasulullah Putri Pemimpin Yahudi Bani Quraizhah

Pernikahan dan Malam Pertama Rasulullah dengan Shafiyyah

Shafiyyah Masuk Islam dan Bermukim di Madinah

Kemesraan Rasulullah dengan Shafiyyah

Kecemburuan Istri-istir Rasulullah terhadap Shafiyyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here