Bukan di Mesir, Ternyata Gunung Sinai Situs Kristen Ada di Arab Saudi: Benarkah?

0
723

BincangSyariah.Com – Penelitian terbaru mengatakan bahwa gunung tempat Nabi Musa mendapatkan 10 perintah dari Tuhan bukanlah di Semenanjung Sinai, Mesir, akan tetapi di Arab Saudi. Hal tersebut diungkap oleh Ryan Mouro, seorang peneliti di lembaga non-profit anti ekstrimisme Clarion Project dan Doubting Thomas Research Foundation Amerika Serikat, lewat sebuah film dokumenter yang berjudul: Finding the Mountain of Mouses, The Real Mount Sinai in Saudi Arabia.

Film dokumenter ini mengklaim, berdasarkan beberapa wawancara terhadap umat Kristen, Yahudi, dan Islam, sekitar situs bahwa Gunung Sinai yang disebutkan dalam Alkitab sebenarnya terletak di barat laut Arab Saudi. Mouro menuduh bahwa pemerintah Saudi telah berusaha untuk menyembunyikan lokasinya dari seluruh dunia menggunakan “pagar, polisi, dan ancaman kekuatan”.

Alasan lain di balik tuduhan yang ia ungkapkan karena lokasi lembah suci tersebut masuk dalam rencana proyek pembangunan kota mega-politan senilai 500 milyar dolar yang akan dibangun oleh Saudi Arabia pada beberapa tahun mendatang yang diklaim akan 33 kali lebih besar dari ukuran kota New York.

Oleh karena itu pihaknya telah menyebarluaskan hasil penelitian itu untuk mencoba meyakinkan Arab Saudi agar melestarikan situs suci tersebut. Moure percaya bahwa Jabal Maqla, salah satu gunung tertinggi di Semenanjung Arab dan puncak di pegunungan Jabal al-Lawz, adalah tempat sebenarnya di mana Musa menerima Sepuluh Perintah.

Dia juga menduga telah menemukan Elam, oasis di mana Musa dan Israel menemukan air setelah melintasi Laut Merah dalam perjalanan ke Gunung Sinai, dan apa yang bisa menjadi beberapa bukti lain, seperti batu yang dipecah oleh Musa atau sisa-sisa sebuah altar kuno tempat orang Israel menyembah seekor anak lembu emas sementara Musa berada di puncak gunung.

Baca Juga :  Kisah Nabi Menerima Wasiat Harta dari Seorang Pendeta Yahudi

“Pikirkan tentang berapa banyak hal sejalan dengan kisah Alkitab di sini, di gunung ini,” kata Mauro menyimpulkan penelitiannya yang menentang teori populer bahwa Gunung Sinai yang dikatakan dalam Alkitab terletak di Semenanjung Sinai, Mesir.

Sementara itu pihak pemerintah Arab Saudi sejauh ini belum mengomentari dan memberi tanggapan terhadap film dokumenter tersebut.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here