Fakultas dan Jurusan Kualitas Internasional di Universitas Umm Al-Qura

0
17

BincangSyariah.Com – Universitas Umm Al-Qura atau Umm Al-Qura University (UQU) atau Jāmiʿat ʾUmm Al-Qurā adalah salah satu universitas Islam negeri terbesar yang berada di Mekkah, Arab Saudi.

Pada awalnya, Universitas Umm Al-Qura didirikan sebagai Sekolah Tinggi Syariah yang memiliki fokus ke Hukum Islam. Pada 1949, sekolah tinggi hukum tersebut kemudian diubah menjadi universitas yang bernama Umm Al-Qura berdasarkan keputusan kerajaan Arab Saudi pada 1981.

Mulanya, UQU adalah universitas Islam yang menawarkan gelar dalam hukum Islam dan studi bahasa Arab. Saat ini, UQU telah menawarkan lebih banyak kursus dalam berbagai mata kuliah yang tersedia.

Ada Manajemen Teknologi, Manajemen Bisnis, Ekonomi Islam, Pemasaran, Teknik, Teknologi, Kedokteran, Pendidikan, Arsitektur, serta berbagai Ilmu Terapan, Sosial dan Teknik. Pada 2015, anggaran tahunan UQU diperkirakan sebanyak SR 3 miliar (US $ 801.399.900).

Sejarah Universitas

Pada 1949, Raja Abdulaziz Al-Saud mendirikan sebuah Sekolah Tinggi Hukum Islam di Mekah dan menjadikannya sebagau institusi pendidikan tinggi pertama di Arab Saudi, kemudian menjadi inti dari Universitas Umm Al-Qura.

Langkah Raja Abdulaziz Al-Saud dilanjutkan dengan mendirikan Sekolah Guru pada 1952. Langkah tersebut terus berlanjut sampai tahun 1959 pada saat Sekolah Tinggi Syar’ah mengambil tanggungjawab persiapan guru dan menjadi Sekolah Tinggi Syariah dan Pendidikan.

Pada 1962, Sekolah Tinggi Pendidikan didirikan sebagai perguruan tinggi independen. Pada 1971, Sekolah Tinggi Syariah dan Pendidikan menjadi bagian dari Universitas King Abdul Aziz di Jeddah dan cabangnya berada di Mekkah.

Legalitas pendirian Universitas Umm Al-Qura adalah pada 1981 dengan keputusan kerajaan Nomor 39 Tahun 1981 dan perguruan tinggi Syariah dan Pendidikan dipisahkan dari Universitas King Abdul Aziz dan bergabung dengan departemen baru untuk membentuk universitas baru.

Saat ini, UQU memiliki program pertukaran pelajar dengan Universitas Purdue, Universitas Tufts, dan King’s College London. UQU menawarkan gelar Bachelor of Science, Master of Science, dan Doctor of Philosophy. Sistem penilaian adalah skala standar 0 sampai 4.0 dengan kelas sebagai berikut:

Bahasa pengantar di sebagian besar program akademik UQU adalah bahasa Inggris, kecuali Sekolah Tinggi Syariah, Sekolah Tinggi Bahasa Arab, Sekolah Tinggi Ekonomi dan Keuangan Islam.

Tiga Sekolah Tinggi tersebut mengharuskan adanya kursus tentang studi Islam dan bahasa Arab yang diajarkan secara khusus dalam bahasa Arab. Pada 2021, Universitas Umm Al-Qura menempati posisi kelima universitas Islam terbaik di dunia.

Akreditasi Universitas

Seluruh program yang ada di semua perguruan tinggi yang terkait dengan teknik dievaluasi untuk pengakuaan “Kesetaraan Substansial” oleh Badan Akreditasi untuk Teknik dan Teknologi di Arab Saudi. Program di UQU ditemukan secara setara dengan program terakreditasi serupa di AS dan di tempat lain.

Pada Mei 2014, semua program gelar Bisnis dan Manajemen yang ditawarkan oleh College of Business (CoB) di UCU secara resmi dinyatakan layak untuk Akreditasi oleh Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB).

CoB di UCU adalah anggota akademik AACSB International dan EFMD Global. Meski begitu, perubahan kepemimpinan CoB yang tidak menguntungkan dan kepergian seorang profesor kunci membuat keanggotaan tersebut dihentikan oleh Dekan Sultan Albogami yang saat itu baru saja menjabat.

Dekan baru selanjutnya, Ehsan Al-Mu’taz, upaya menuju pengembangan dan perbaikan keanggotaan di AACSB dan EFMD kemudian bisa dimulai lagi di Universitas Umm Al-Qura.

Mulai September 2015, semua program akademik terkait Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, dan Farmasi telah diakreditasi secara global oleh badan akreditasi di Amerika Utara dan Uni Eropa.

Selain akreditasi global tersebut, semua program akademik UQU dalam bisnis dan manajemen secara resmi dinyatakan Layak untuk Akreditasi oleh Komisi Nasional untuk Akreditasi dan Penilaian Akademik (NCAAA) Arab Saudi.

Saat ini, program-program tersebut sedang dalam proses tahap lanjut untuk mendapatkan akreditasi penuh oleh NCAAA.

Sekolah Tinggi Dakwah dan Usul-ud-Din

Sekolah Tinggi Dakwah dan Usul-ud-Din di Universitas Umm Al-Qura didirikan pada tanggal 21/12/1401 H oleh Keputusan Kerajaan No. 27278/32/3. UQU dianggap sebagai perpanjangan dari dua perguruan tinggi kuno; Sekolah Tinggi Syari`ah dan Studi Islam dan Sekolah Tinggi Pendidikan.

Awalnya, Sekolah Tinggi ini hanya memiliki satu jurusan yaitu jurusan yang telah diresmikan di perguruan tinggi Syari’ah dan Agama Islam pada 1395-1396 Hijriyah pada sidang ke-14 yang dilaksanakan pada tanggal 26/8/1402 Hijriyah di mana sidang tersebut menyetujui pengukuhan beberapa departemen:

  1. Departemen Aqidah (Syahadat)
  2. Departemen Media (kemudian pindah ke Sekolah Tinggi Ilmu Sosial)
  3. Jurusan Qera’at (berbagai bacaan Alquran)

Pada awal tahun akademik 1402/1403 H, UQU mulai menawarkan kursus dan mencakup empat departemen untuk siswa laki-laki dan perempuan; kecuali Departemen Media.

Pada tahun ajaran 1404/1405 H, Jurusan Alquran dan Sunah diresmikan berdasarkan resolusi No. 30/4/16/6827/1, yang dikeluarkan pada tanggal 22 Rajab, 1404 Hijriyah, sesuai dengan resolusi tersebut.

Majelis tinggi universitas pada sidang kedua tanggal 25 Jumada II 1404 mengharuskan pemindahan Jurusan Alquran dan Sunah dari Sekolah Tinggi Syari`ah (Hukum Islam) ke Sekolah Dakwah dan Usul-ud- Din (Panggilan Islam dan Fundamental Agama).

Sekolah Tinggi ini memiliki empat departemen diantaranya adalah: Departemen Dakwah dan Usul-ud-Din, Departemen Kitab dan Sunna, Jurusan Aqidah (Syahadat), dan Jurusan Qera’at (berbagai bacaan Alquran).

Studi pascasarjana pada peminatan Sekolah Tinggi ini dimulai sejak diawasi oleh Sekolah Tinggi Syari’ah dan Kajian Islam, sebelum dilakukan pemisahan. Pada 1420 H, College of Da’wa dan Usul-ud-Din untuk studi pascasarjana mulai didirikan.

Sekolah Tinggi Bahasa Arab

Departemen Bahasa Arab didirikan pada 1962 sebagai departemen independen di Sekolah Tinggi Pendidikan sebelum bergabung dengan Sekolah Tinggi Syari’ah pada 1965.

Studi Pascasarjana diperkenalkan ke departemen tersebut pada tahun 1973 dan Sekolah Tinggi Bahasa Arab didirikan oleh sebuah dekrit kerajaan pada tahun 1981. Sekolah Tinggi Bahasa Arab di Universitas Umm Al-Qura mencakup departemen sebagai berikut:

  1. Jurusan Bahasa dan Tata Bahasa Arab
  2. Jurusan Retorika dan Kritik
  3. Jurusan Sastra
  4. Departemen Bahasa Masyarakat Islam
  5. Jurusan Pasca Sarjana

Sekolah Tinggi ini menawarkan gelar Sarjana, Magister, dan Ph.D. Gelar dalam semua disiplin ilmu yang disebutkan di atas, kecuali untuk Departemen Bahasa Masyarakat Islam, hanya menawarkan gelar Sarjana saja.

Baca: Universitas King Abdulaziz, Salah Satu Universitas Terbaik Dunia

Sekolah Tinggi Ilmu Kedokteran Terapan

Pada 1983, Dewan Tertinggi Universitas menyetujui dalam sidang pertamanya tertanggal 20.05.1403 H tentang pembentukan Departemen Ilmu Kedokteran, untuk berafiliasi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Terapan, Universitas Umm Al-Qura, Makkah Al-Mukarramah.

Kelas pertama diterima pada 1985 yang terdiri dari 20 mahasiswa. Jurusan inilah yang kemudian menjadi cikal bakal Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kedokteran di Umm Al-Qura University.

Pada 1986, almarhum Raja Fahd Ibn Abdul Aziz meletakkan landasan kampus baru Universitas Umm Al-Qura di Abidiyyah dan mengeluarkan arahan untuk mengadopsi persiapan dan langkah-langkah yang diperlukan untuk pendirian perguruan tinggi kedokteran dan ilmu kedokteran serta rumah sakit universitas untuk pendidikan dan pelatihan mahasiswa.

Pada 1995, Dewan Tinggi Universitas mengubah “Departemen Ilmu Kedokteran” menjadi “Sekolah Tinggi Kedokteran dan Ilmu Kedokteran.” Siswa perempuan kelas pertama diterima di Sekolah Tinggi Kedokteran dan Ilmu Kedokteran pada 1998.

Pada 2005, pemisahan antara Departemen Ilmu Kedokteran dan Sekolah Tinggi Kedokteran disetujui dan menjadikan Departemen tersebut sebagai perguruan tinggi independen yang mendapat nominasi sebagai “Sekolah Tinggi Kedokteran Terapan Ilmu” untuk mencakup delapan spesialisasi akademis sebagai berikut:

  1. Program Kedokteran Laboratorium
  2. Program Ilmu Kesehatan Masyarakat (Nutrisi klinis – Kesehatan lingkungan)
  3. Program Fisioterapi dan Rehabilitasi
  4. Program Keperawatan
  5. Program Manajemen Kesehatan
  6. Program Kedokteran Gigi dan Kesehatan Mulut
  7. Program Radiografi
  8. Program Teknik Klinis

Sekolah Tinggi Bisnis

College of Bussiness (CoB) atau Sekolah Tinggi Bisnis Umm Al-Qura didirikan pada 2009 di bawah kepemimpinan Dekan Pendiri visioner Prof. Mohammad Fawwaz Rajallah Al-Omiri dan Penjabat Dekan Prof. Abdul-Rahim Ahmad.

CoB memiliki lima departemen yang menawarkan pengajaran dan pembelajaran dalam berbagai program bisnis dan manajemen, seperti Manajemen Teknologi, Manajemen Bisnis, dll.

CoB menerima deklarasi resmi Kelayakan untuk Akreditasi AACSB pada Mei 2014. Anggota fakultas di CoB terlibat dalam penelitian di berbagai bidang seperti Manajemen Strategis, Optimasi, Riset Operasi, Manajemen Rantai Pasokan, Manajemen Teknologi, Keberlanjutan, Pemodelan Keputusan, Pemodelan Matematika, Pedagogi, dll.

Penelitian di CoB kemudian disebarluaskan melalui publikasi di jurnal internasional dan presentasi di konferensi, lokakarya, dan simposium.

Sekolah Tinggi Pendidikan

College of Education atau CoE di Umm Al-Qura University berada di Mekah. Sekolah Tinggi Pendidikan adalah bagian dari Universitas King Abdulaziz sejak Rajab 1390 sampai Rajab 1401 H.

Semenjak Rajab 1390, Sekolah Tinggi Pendidikan menjadi perguruan tinggi universitas saat digabungkan menjadi Universitas King Abdulaziz. Selama periode tersebut, departemen akademik didirikan secara berturut-turut dan perguruan tinggi tersebut akhirnya terdiri dari departemen-departemen berikut:

  1. Departemen Pendidikan Islam
  2. Departemen Kurikulum dan Metode Pengajaran
  3. Departemen Psikologi
  4. Departemen Pendidikan Seni
  5. Departemen Pendidikan Jasmani (Olahraga)
  6. Departemen Pendidikan Keperawatan
  7. Pusat Kursus Pelatihan
  8. Departemen Pendidikan Administrasi dan Perencanaan

Kini, Sekolah Tinggi Pendidikan UQU mnejadi bagian dari Universitas Umm Al-Qura dari Rajab 1401 H hingga saat ini. Langkah CoE dimulai dengan dua perguruan tinggi tua yakni Sekolah Tinggi Pendidikan dan Sekolah Tinggi Syari`ah. Selanjutnya, didirikan pula perguruan tinggi baru, beberapa di antaranya mengambil alih jurusan dari Sekolah Tinggi Pendidikan sebagai berikut:

  1. Departemen kimia, biologi, fisika, dan matematika dipindahkan dari Sekolah Tinggi Pendidikan ke Sekolah Tinggi Ilmu Terapan dan Teknik, yang didirikan pada 1402/1403 H.
  2. Departemen geografi dan bahasa Inggris dipindahkan ke Sekolah Tinggi Ilmu Sosial, yang didirikan pada 1404/1405 H.

Sekolah Tinggi Ilmu Terapan

Sekolah Tinggi Sains Terapan adalah sekolah tinggi ilmiah pertama di Universitas Umm Al-Qura yang didirikan pada 1990 dan mencakup empat jurusan yakni fisika, matematika, kimia dan biologi.

Departemen perguruan tinggi di dalamnya memberikan gelar sarjana dan magister dan juga departemen kimia dan biologi memberikan gelar Ph.D. Saat ini, Sekolah Tinggi Ilmu Terapan di UQU memiliki lebih dari 60 laboratorium serta pusat pelatihan interaktif.

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial terdiri dari departemen Humaniora di lingkungan Universitas Umm Al-Qura yang didirikan pada 1404 H sebagai bagian dari proses pengembangan universitas dan beberapa departemen dan pusat Pendidikan Tinggi yang dipisahkan dari perguruan tinggi dan menjadi inti dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial.

Dalam Sekolah Tinggi Ilmu Sosial, ada Jurusan Geografi dan Bahasa Inggris dan Pusat Bahasa Inggris. Sekolah tinggi ini baru saja berkembang karena Dewan Universitas menyetujui pembentukan departemen dan pusat baru.

Departemen baru yang dibentuk termasuk Departemen Ilmu Informasi yang sebelumnya dikenal sebagai Departemen Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Departemen Pekerjaan Sosial dan Departemen Media Islam. Sejauh ini, jumlah departemen menjadi enam:

  1. Departemen Geografi
  2. Jurusan Bahasa Inggris
  3. Departemen Pekerjaan Sosial
  4. Departemen Ilmu Informas
  5. Departemen Media Islam
  6. Pusat Bahasa Inggris

Sekolah Tinggi Teknik dan Arsitektur Islam

Departemen Akademik dari Sekolah Tinggi Teknik dan Arsitektur Islam adalah sebagai berikut: Jurusan Arsitektur Islam, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Sipil, dan Jurusan Teknik Komputer.

Fakultas Kedokteran Gigi

Dipimpin oleh Dr. Mohammad Beyari, Fakultas Kedokteran Gigi adalah salah satu fakultas terbaru di UQU. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2007 dengan SK no. 13/47/1428 tanggal 27/8/1428 hijriah.

Sekolah Tinggi Kedokteran

Fakultas Kedokteran di Universitas Umm Al-Qura, didirikan pada tahun 1995 sebagai perguruan tinggi kedokteran pertama di Mekkah.

Sekolah Tinggi Komputer dan Sistem Informasi

Sekolah Tinggi Komputer dan Sistem Informasi di UQU didirikan pada 1426 H. Sekolah Tinggi ini mencakup tiga departemen akademik; teknik komputer, ilmu komputer, dan sistem informasi, yang semuanya memberikan gelar sarjana.

Perguruan tinggi ini juga memberikan gelar Master dalam ilmu komputer dan teknik. Perguruan tinggi ini berhasil terakreditasi secara internasional oleh Badan Akreditasi untuk Teknik dan Teknologi (ABET). Dalam sekolah tinggi ini ada sekitar 80 anggota staf pengajar, dan 1.045 siswa untuk mencapai visi dan misi luhur perguruan tinggi.

Sekolah Tinggi Farmasi

Sekolah Tinggi Farmasi didirikan pada 2006. Pada 5-10-1426 H, dikeluarkan keputusan kerajaan untuk mendirikan Sekolah Tinggi Farmasi di UQU untuk bergabung dengan perguruan tinggi kedokteran atau Sekolah Tinggi Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kedokteran Terapan di Universitas Umm Al-Qura.[]

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here