Berapakah Jumlah Sahabat Nabi saw. Itu?

0
454

BincangSyariah.Com – Sahabat adalah orang yang pernah melihat Nabi saw., beriman kepadanya, dan meninggal dunia pun dalam keadaan beriman. Jadi, orang yang tidak beriman meskipun pernah melihat Nabi saw., atau pernah melihat Nabi saw. dan beriman kepadanya namun meninggal dalam keadaan tidak beriman, mereka tidak dapat disebut sahabat. Lalu berapakah jumlah sahabat Nabi saw. itu?

Syekh Mahmud At-Thahhan di dalam kitab Taisir Mustalah Al-Hadis menerangkan sebagaimana berikut.

 ليس هناك إحصاء دقيق لعدد الصحابة ، لكن هناك أقوال لأهل العلم يستفاد منها أنهم يزيدون علي مائة ألف صحابي ، وأشهر هذه الأقوال أبي زرعة الرازي : ” قبض رسول الله صلي الله عليه وسلم عن مائة ألف وأربعة عشر ألفاً من الصحابة ممن روي عنه وسمع منه “.

Tidak ada hitungan yang mendetail untuk jumlah sahabat, tetapi ada pendapat-pendapat ahli ilmu yang diambil faidahnya darinya bahwasannya mereka memperkirakan sekitar ada 100.000 sahabat. Dan pendapat yang paling masyhur adalah pendapat Abu Zur’ah Ar-Razi, “Rasulullah saw. menggenggam sekitar 114.000 sahabat dari orang meriwayatkan darinya dan yang mendengar darinya.”

Demikianlah jumlah sahabat Nabi saw. yang pada dasarnya tidak diketahui secara pasti detail jumlahnya, hanya saja menurut pendapat yang masyhur, jumlah sahabat Nabi saw. ada sekitar 114.000 sahabat. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Cuaca Mekkah Mendadak Teduh Saat Mbah Moen Wafat, Ini Kesaksian Pengasuh Pesantren Al-Rabbani Cikeas


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here