Berapa Tahun Rasulullah Berpuasa Ramadhan?

0
291

BincangSyariah.Com – Sejak kecil, mayoritas anak-anak muslim sudah dibiasakan belajar berpuasa oleh orang tuanya. Hal ini disebabkan karena agar mereka sudah mampu berpuasa full sehari penuh dari Shubuh hingga maghrib saat ia menginjak usia aqil baligh. Maka, mereka pun akan merasakan berpuasa di bulan Ramadhan bertahun-tahun lamanya hingga ajal menjemput. Lalu, bagaimana dengan Rasulullah saw.? Berapa tahun Rasulullah saw. berpuasa Ramadhan?

Rasulullah saw. berpuasa Ramadhan seumur hidup beliau selama sembilan tahun. Hal ini berdasarkan keterangan imam An-Nawawi di dalam kitab Al-Majmu’ yang menjelaskan sebagai berikut.

صَامَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآله وسَلَّمَ رَمَضَانَ تِسْعَ سِنِينَ؛ لِأَنَّهُ فُرِضَ فِي شَعْبَانَ فِي السَّنَةِ الثَّانِيَةِ مِن الْهِجْرَةِ، وَتُوُفِّيَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآله وسَلَّمَ فِي شَهْرِ رَبِيعٍ الْأَوَّلِ سَنَةَ إحْدَى عَشْرَةَ مِن الْهِجْرَةِ.

Rasulullah saw. berpuasa Ramadhan selama sembilan tahun, karena puasa Ramadhan itu diwajibkan pada bulan Sya’ban tahun 2 Hijriyah, sedangkan Nabi saw. wafat pada bulan Rabiul Awal tahun 11 Hijriyah.

Imam Ibnul Qayyim juga menjelaskan hal ini di dalam kitab Zadul Ma’ad:

وَكَانَ فَرْضُهُ فِي السَّنَةِ الثَّانِيَةِ مِنَ الْهِجْرَةِ، فَتُوُفِّيَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآله وسَلَّمَ وَقَدْ صَامَ تِسْعَ رَمَضَانَاتٍ

Puasa Ramadhan difardhukan pada tahun kedua hijriyah, maka Rasulullah saw. wafat dan beliau telah menjalankan puasa selama sembilan kali Ramadhan.

Demikianlah penjelasan bahwa Rasulullah saw. menjalankan puasa Ramadhan selama hidup beliau sebanyak sembilan kali. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Dalil dan Ragam Bacaan Ta’awwudz Sebelum Membaca Al-Qur’an


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here