Bentuk Rambut Nabi

1
1086

BincangSyariah.Com Nabi Muhammad saw. selalu digambarkan memiliki fisik yang sempurna. Berwajah tampan, bertubuh gagah, dan berambut indah. Lalu bagaimana bentuk rambut Nabi saw. yang indah itu?

عَنْ قَتَادَةَ قَالَ قُلْتُ لِأَنَسِ بْنِ مَالِكٍ كَيْفَ كَانَ شَعَرُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: قَالَ كَانَ شَعَرًا رَجِلاً لَيْسَ بِالْجَعْدِ وَلاَ السَّبِطِ بَيْنَ أُذُنَيْهِ وَعَاتِقِهِ. (رواه مسلم)

Dari Qatadah, ia berkata, “Aku bertanya kepada Anas bin Malik tentang bagaimana rambut Rasulullah saw. Ia berkata, ‘Beliau berambut ikal, tidak kriting dan tidak pula lurus, panjang rambutnya sampai antara kedua telinganya dan bahunya.” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadis tersebut menunjukkan bahwa rambut Nabi saw. terlalu kriting dan juga tidak terlalu lurus, tetapi di antara keduanya. Dan tidak terlalu pendek dan panjang. Di dalam riwayat lain dikatakan bahwa beliau selalu menyisir rambutnya. Bahkan ketika i’tikaf pun beliau masih memperhatikan kerapian rambutnya dengan menyuruh Aisyah r.a. yang berada di kamarnya menyisir rambut beliau yang berada di masjid.

Baca Juga :  Tiga Ciri Orang yang Ikhlas dalam Beramal

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here