Bentuk Mulut, Mata, dan Tumit Nabi

0
1110

BincangSyariah.Com – Nabi Muhammad saw. tidak hanya diciptakan Allah Swt. dengan budi pekerti yang baik sebagai suri tauladan bagi umatnya, tetapi juga diciptakan dengan wajah dan bentuk badan yang ideal. Bahkan disebutkan dalam suatu riwayat bahwa beliau adalah manusia yang paling bagus wajah dan budi pekertinya. Pada kesempatan lalu kami telah menuliskan tentang bentuk rambut Nabi saw. dan kali ini akan dipaparkan tentang bentuk mulut, kedua mata, dan tumit Nabi saw.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَمُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ – وَاللَّفْظُ لاِبْنِ الْمُثَنَّى – قَالاَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ سِمَاكِ بْنِ حَرْبٍ قَالَ سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ سَمُرَةَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ضَلِيْعَ الْفَمِ أَشْكَلَ الْعَيْنِ مَنْهُوسَ الْعَقِبَيْنِ. قَالَ قُلْتُ لِسِمَاكٍ مَا ضَلِيعُ الْفَمِ قَالَ عَظِيمُ الْفَمِ. قَالَ قُلْتُ مَا أَشْكَلُ الْعَيْنِ قَالَ طَوِيلُ شَقِّ الْعَيْنِ. قَالَ قُلْتُ مَا مَنْهُوسُ الْعَقِبِ قَالَ قَلِيلُ لَحْمِ الْعَقِبِ. رواه مسلم.

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsanna dan Muhammad bin Basyyar, -lafadznya adalah milik Ibnul Mutsanna- mereka berdua berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far dari Simak bin Harb, ia berkata, Aku mendengar Jabir bin Samurah pernah berkata, “Rasulullah saw. bermulut luas, bermata jeli, dan bertumit tipis.” Aku bertanya pada Simak, “Apa maksud luas mulutnya?” Simak menjawab, “besar mulutnya.” Aku bertanya lagi, “Apa maksud lentik matanya?” Simak menjawab, “Panjang bulu matanya.” Aku bertanya lagi, “Dan apa arti tipis tumitnya?” Simak menjawab, “Daging tumitnya sedikit.” (H.R. Muslim).

Imam Nawawi di dalam syarah Sahih Muslim mengatakan bahwa mayoritas bangsa Arab itu memuji orang yang memiliki mulut yang luas/besar. Sebaliknya mereka mencela orang yang memiliki mulut kecil. Dan ada yang berpendapat (maksud luasnya mulut itu) memiliki gigi yang besar.

Baca Juga :  Belajar Tauhid; Apakah Sifat Mustahil Bagi Para Nabi itu?

Demikianlah bentuk mulut, mata, dan tumit Nabi saw. di mana apa yang dimiliki Nabi saw. di dalam fisiknya adalah gambaran tubuh ideal yang diidam-idamkan masyarakat Arab di zamannya. Semoga kita bisa bertemu dengan beliau. Aamiin. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here