Belajar Tauhid: Ternyata Inilah Isi Kitab Zabur

10
29139

BincangSyariah.Com – Salah satu rukun iman yang ada enam adalah iman kepada kitab-kitab Allah swt. Di antara kitab yang wajib kita imani adalah kitab Zabur. Lalu bagaimana cara beriman kepada kitab Zabur, diturunkan kepada siapa, dan apa isinya?

Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil ‘Aqidah Al-Islamiyyah menjelaskan bahwa cara beriman kepada Taurat adalah sebagai berikut.

أعتقد أن الزبور كتاب من كتب الله سبحانه وتعالى أنزله على سيدنا داود عليه السلام. وهو عبارة عن أدعية وأذكار ومواعظ وحكم وليس فيه أحكام شرعية لأن داود عليه السلام كان مأمورا باتباع الشريعة الموسوية.

Saya meyakini bahwa Zabur adalah salah satu kitab dari kitab-kitab Allah swt. yang diturunkan kepada Nabi kita Daud a.s. Dan kitab Zabur merupakan (berisikan) ungkapan yang terdiri dari doa-doa, dzikir-dzikir, nasihat-nasihat, dan hikmah-hikmah. Di dalam kitab Zabur tidaklah terdapat hukum-hukum syariat, karena sesungguhnya Nabi Daud a.s. diperintahkan untuk mengikuti syariatnya Nabi Musa a.s.

Dengan demikian, berdasarkan keterangan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa:

  1. Kitab Zabur adalah salah satu kitab Allah swt. yang wajib kita imani.
  2. Kitab Zabur adalah kitab yang diturunkan Allah swt. kepada Nabi Daud a.s.
  3. Isi Kitab Zabur meliputi: Doa-doa, dzikir-dzikir, nasihat-nasihat, dan hikmah-hikmah
  4. Kitab Zabur tidak berisikan hukum-hukum atau aturan syariat
  5. Aturan syariat yang dibawa oleh Nabi Daud a.s. sama dengan aturan syariatnya Nabi Musa a.s.

Adapun dalil bahwa kitab Zabur termasuk dari kitab Allah swt. adalah ayat  sebagai berikut.

وَلَقَدْ كَتَبْنَا فِى الزَّبُوْرِ مِنْۢ بَعْدِ الذِّكْرِ اَنَّ الْاَرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِيَ الصّٰلِحُوْنَ

Dan sungguh, telah Kami tulis di dalam Zabur setelah (tertulis) di dalam Az-Zikr (Lauh Mahfuzh), bahwa bumi ini akan diwarisi oleh hamba-hamba-Ku yang saleh. (Q.S. Al-Anbiya’/21: 105)

Baca Juga :  NU dan Terorisme Berkedok Islam

Wa Allahu A’lam bis Shawab.

10 KOMENTAR

  1. Sejak bila zabur dalma bhsa arab?sejak bila Daud dari bangsa Arab. ?keturunan ismail? Ke dah di translet pada arab?

  2. Al-Quran sifatnya membenarkan kitab sebelum2nya, dan meralat apa apa yg tlh diubah ubah oleh manusia jahat pada masa lalu. secara geneologis Nabi Muhammad, dia secara DNA orang Ibrani tapi secara linguistik berbasa-basi Arab. orang Ibrani dan Arab sudah beda asal usul.. Ismail adalah Ibra nian.. Yg secara nasab Arab jalur laki adalah cucu anak yg ttp di anggap anak walau berpuluh-puluh generasi tetap anak dari bapak terawal. jadi Nabi Muhammad bisa dibilang putra Nabi Ibrahim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here