Belajar Tauhid; Cara Kita Meyakini Sifat Qudrat Allah swt.

0
3035

BincangSyariah.Com – Al-Qudrat atau berkuasa adalah salah satu sifat dari dua puluh sifat wajib Allah swt. Lalu bagaimana cara kita meyakini sifat Qudrat Allah swt. itu?

Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya Al-Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil A’qidah Al-Islamiyyah mengatakan bahwa cara beriman atau meyakini sifat qudrat Allah swt. itu adalah sebagai berikut.

هو ان نعتقد ان الله سبحانه وتعالى موصوف بالقدرة. وانه على كل شيء قديرا.

Yakni kita meyakini bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala (Maha Suci dan Maha Luhur) itu disifati dengan sifat qudrat (berkuasa). Dan sungguh Dia itu Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Berdasarkan keterangan tersebut, maka cara kita meyakini sifat Qudrat Allah swt. adalah kita harus yakin bahwa hanya Allah swt, lah yang Maha Kuasa. Kuasa Allah swt. tidak terbatas waktunya. Berbeda dengan makhlukNya, yang hanya bisa berkuasa beberapa tahun saja, misalnya ketika ia menjadi presiden, ia hanya berhak menjadi pemimpin negaranya selama ia menjabat saja.

Kuasa Allah swt. pun tidak hanya berlaku pada makhluk tertentu saja, tetapi Dia menguasai semuanya, Dia berkuasa atas yang ada di langit maupun di bumi. Berbeda dengan makhlukNya yang hanya mampu menguasai atas sesuatu tertentu saja. Misalnya orang yang kaya raya, maka ia pasti hanya mampu menguasai beberapa lahan saja, tidak akan mampu menguasai semuanya, itupun ada batasnya, yakni ketika ia menjadi pemilik lahan itu.

Dan Allah swt. berkuasa itu tidak perlu diusahakan. Berbeda dengan makhlukNya, yang bisa menguasai suatu proyek, tempat, atau lahan didahului dengan proses dan usaha. Namun, Allah swt. sudah berkuasa sejak dahulu, sejak zaman azali, segala sesuatu yang dikuasaiNya belum ada.

Baca Juga :  Struktur Negara Khilafah dan Negara Kerajaan

Allah swt. berfirman di dalam Al-Qur’an:

وَاللّٰهُ خَلَقَ كُلَّ دَاۤبَّةٍ مِّنْ مَّاۤءٍۚ فَمِنْهُمْ مَّنْ يَّمْشِيْ عَلٰى بَطْنِهٖۚ وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّمْشِيْ عَلٰى رِجْلَيْنِۚ وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّمْشِيْ عَلٰٓى اَرْبَعٍۗ يَخْلُقُ اللّٰهُ مَا يَشَاۤءُۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Dan Allah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu. (Q.S. An-Nur/24: 45)

Demikianlah cara kita meyakini sifat Qudrat Allah swt. Dialah yang mampu menguasai segala sesuatu tanpa batas waktu. Lalu, masih pantaskah kita menyombongkan diri atas pencapaian kita saat ini? Ingat, hanya Allah swt. lah yang Maha Kuasa. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here