Bangun Kembali Salah Satu Pesantren Tertua di Cirebon

0
523

BincangSyariah.Com – Pesantren Benda Kerep adalah salah satu pesantren tua di Cirebon. Dibangun pada tahun 1826 oleh Mbah Sholeh, sesepuh keagamaan di Cirebon yang sezaman dengan Mbah Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatu Ulama.

Pondok Pesantren Tarbiyatunnisa adalah salah satu pesanten yang berada di kawasan Pesantren Benda Kerep, beralamat di daerah Benda Kerep RT 01 RW 11, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat. Luas lahan Pesantren Benda Kerep sekitar 35 ha, yang merupakan tanah wakaf dari keraton.

Yang menarik, seperti yang dituturkan oleh salah satu pengasuh Pesantren, Ahmad Tsauban, Pesantren Benda Kerep ini masih konsisten mempertahankan metode dan tradisi ala pesantren Salafiyah, seperti dengan penggunaan kitab-kitab turats (kitab kuning), antara lain: Safinatunnajah, Sulam Munajat, Jurumiyah, Fathul Qorieb, Fathul Mu’in, Alfiyah, Tafsir Jalalain, dan kitab Bidayatul Hidayah karangan Imam Ghozali. Selain itu, tradisi seperti wudhu di kulah (kolam kecil), belum menggunakan pengeras suara untuk azan atau iqomah. Tanda masuk waktu sholat ditandai dengan pukulan beduk dan kentongan.

Santri Pesantren Benda Kerep CirebonSantri sedang berwudhu.

Saat ini, ada lebih dari 150 santri, baik putra maupun putri yang belajar ilmu agama di Pesantren Benda Kerep. Para santri tidak hanya berasal dari wilayah Cirebon saja, tapi ada juga yang dari luar Cirebon, seperti Banten, Bandung, Pekalongan, dan daerah lainnya.

Dan, sebagian santri di Benda Kerep, selain sudah tidak sekolah lagi, mereka juga berasal dari keluarga kurang mampu, namun memiliki keinginan kuat untuk mendalami ilmu/pendidikan agama.

Para santri pun tidak dipungut biaya, kecuali di awal masuk atau saat pendaftaran, senilai Rp 30 ribu dan infaq per bulan Rp 15 ribu untuk kebutuhan memasak dan biaya listrik. Sementara untuk kebutuhan pokok seperti beras dan perlengkapan pribadi santri, berasal dari kiriman orang tua mereka.

Baca Juga :  Nilai Tawakkal dalam Puisi Jalaluddin Rumi

Pesantren Benda Kerep CirebonKondisi Pesantren saat ini. Dok. Pribadi

Selama ini, pihak Pesantren memang jarang sekali mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah, entah untuk menutupi kebutuhan operasional maupun untuk pengadaan dan perbaikan bangunan. Ponpes lebih sering memberdayakan potensi seadanya.

Sekarang ini, Pesantren tengah roboh, sebab bangunan yang sudah tua dan tak pernah diperbaiki. Akhirnya para santri harus mengaji di antara reruntuhan bangunan.

Pesantren Benda KerepKondisi Pesantren saat ini. Dok. Pribadi

Mari, bersama-sama kita bantu bangun lagi Pesantren Benda Kerep, salah satu pesantren tertua di Cirebon yang hampir roboh. Agar nanti ratusan santri bisa kembali mengaji, mendalami ilmu agama, dan menjadi pemuda penerus bangsa yang berakhlakul karimah. Amin.

Insya Allah, setiap ayat yang dilantunkan dan setiap rakaat yang ditunaikan para santri, akan menjadi pahala yang terus mengalir untuk kita.

Disclaimer:
Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk pembangunan pembangunan Pesantren Tarbiyatunnisa Benda Kerep, Cirebon. Jika melebihi target, akan digunakan untuk membantu program pembangunan pesantren lain dengan kondisi serupa. Untuk donasi, klik di sini.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here