Bahaya Sifat Dengki

0
659

BincangSyariah.Com – Salah satu penyakit hati yang sangat dicela dalam Islam adalah penyakit hasad atau dengki. Akibat yang ditimbulkan oleh penyakit hasad sangat berbahaya bahkan dapat menjerumuskan pelakunya ke dalam neraka.

Oleh karena itu, Allah memerintahkan kepada kita agar berlindung dari penyakit hasad dan orang yang terjangkit penyakit hasad, sebagaimana Allah memerintahkan agar kita berlindung dari godaan setan dan sihir.
Dalam Alquran surah Alfalaq, Allah berfirman;

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ:

Katakanlah:“Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhlukNya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.”

Kita sulit mengetahui penyakit hasad yang mengjangkiti diri kita sendiri, lebih-lebih mengetahui penyakit hasad yang menjangkiti orang lain. Hal ini karena penyakit hasad adalah penyakit hati yang tak seorang pun mengetahui bentuk dan wujudnya.

Namun demikian, Imam Wahb bin Munabbih menjelaskan tanda-tanda orang yang sedang terjangkit penyakit hasad. Beliau mengatakan;

للحاسد ثلاث علامات : يتملق اذا شهد ويغتاب اذا غاب ويشمت بالمعصية

“Tanda-tanda orang yang terjangkit penyakit hasad ada tiga; memuji berlebihan ketika dia bertatap muka, menghina di belakang, dan senang dengan kemaksiatan.”

Imam Alghazali dalam kitab Minhajul Abidin mengatakan bahwa hasad merupakan penyakit yang tidak hanya merusak kebaikan, melainkan juga menarik untuk berbuat maksiat dan kejahatan. Tidak sedikit perbuatan maksiat dan kejahatan terjadi disebabkan penyakit hasad yang menghinggapi hati seseorang.

Oleh karena itu, Imam Alghazali mengingatkan agar kita membersihkan hati dari penyakit hasad supaya kita terhindar dari kejahatan yang ditimbulkannya. Supaya selamat di dunia maupun di akhirat, kita harus selalu menyucikan hati kita dari penyakit hasad ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here