Bahaya serta Manfaat Lidah dan Hati

0
671

BincangSyariah.Com – Dikisahkan bahwa Luqmanul Hakim adalah seorang hamba sahaya keturunan Habsyi (Abyssinia). Dalam kesehariannya, ia bekerja sebagai tukang kayu.

Suatu kali, majikannya memintanya untuk menyembelih seekor kambing. Tanpa berselang lama, Luqman pun membeli sekaligus menyembelih kambing tersebut sesuai dengan permintaan sang majikan.

Baru saja selesai menyembelih, majikannnya memintanya untuk memotong dua bagian tubuh kambing yang paling baik di antara bagian-bagian yang lain. Tanpa berpikir panjang, Luqman memotong bagian lidah dan hati dari kambing tersebut lalu menyerahkannya kepada sang majikan.

Selang beberapa hari kemudian, sang majikan kembali meminta Luqman untuk menyembelih kambing lagi. Berbeda dengan yang pertama, sang majikan kali ini meminta Luqman untuk memilihkan dua anggota kambing yang terburuk dari anggotanya yang lain. Tanpa berselang lama, Luqman pun kembali memberikan potongan lidah dan hati dari kambing tersebut kepada sang majikan.

Merasa heran, sang majikan pun angkat bicara, “Wahai Luqman, ketika penyembelihan pertama saya memintamu untuk memilih dua bagian terbaik dari kambing lalu kamu memberikan bagian lidah dan hati untukku. Sementara pada penyembelihan kedua saya memintamu untuk memilih dua anggota terburuk dari kambing tersebut, namun kenapa kamu juga memberikan bagian yang sama, lidah dan hati kepadaku.?

Lantas Luqman menjawab, “Wahai Tuan, jika dua bagian ini baik, maka tidak satupun anggota tubuh lain yang lebih dari keduanya. Namun jika kedua bagian ini rusak, maka tidak ada bagian tubuh lain yang lebih buruk dari keduanya”.

[Diterjemahkan langsung dari kitab Alf Qisshah wa Qisshah karya Hani al-Hajj, hal 254]

Baca Juga :  Memahami Dasar-dasar Toleransi Islam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here