Ayat atau Surah Al-Qur’an yang Turun di Malam Hari

0
636

BincangSyariah.Com – Berbicara tentang Al-Qur’an tidak hanya sekedar persoalan bacaan dan hafalan. Lebih dari itu, mengkaji tentang studi Al-Qur’an tidak ada habisnya. Bahkan imam Suyuthi pun di dalam kitabnya Al-Itqan menyusun delapan puluh bab pembahasan tentang ilmu-ilmu Al-Qur’an. Di antaranya beliau menuliskan bab tersendiri tentang ayat atau surah yang turun di siang hari dan ayat atau surah yang turun di malam hari (ma’rifatun nahari wal laili).

Imam Suyuthi menerangkan bahwa ayat atau surah yang turun di siang hari banyak. Bahkan beliau mengutip pendapat imam Ibnu Habib yang mengatakan bahwa ayat atau surah Al-Qur’an yang turun di siang hari itu lebih banyak (dari pada di malam hari). Oleh sebab itu, maka imam Suyuthi lebih memilih untuk menuliskan beberapa ayat atau surah yang termasuk turun di malam hari (yang jumlahnya tidak sebanyak di siang hari). Di antara ayat atau surah Al-Qur’an yang turun di malam hari adalah sebagai berikut.

Pertama: Q.S. Ali Imran: 190

Suatu hari ketika Bilal hendak adzan shalat Shubuh, ia mendapati Nabi saw. sedang menangis. “Wahai Rasulullah, apa yang membuatmu menangis?” Tanya Bilal. Nabi saw. menjawab, “Apa yang dapat melarangku untuk menangis, sedangkan telah turun kepadaku malam ini

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal.”

Kemudian beliau bersabda, “Celakalah bagi orang yang membacanya namun ia tidak mau merenungkannya.” (Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban di dalam kitab Shahihnya, dan diriwayatkan oleh imam Ibnul Mundzir, imam Ibnu Mardawaih, dan imam Ibnu Abi Ad-Dunya di dalam kitab At-Tafakkur dari sayyidah ‘Aisyah r.a.)

Baca Juga :  Tumbuh-Tumbuhan di dalam Al-Qur'an

Kedua: Q.S. Al-Maidah: 67

Suatu malam Nabi saw. dijaga (oleh para sahabat), lalu turunlah ayat

وَاللّٰهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِۗ

(Dan Allah memelihara engkau dari (gangguan) manusia). Lalu kepala beliau keluar dari kubah dan bersabda, ‘Wahai manusia, kembalilah kalian, sungguh Allah swt. telah menjagaku.” (Hadis ini diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi dan imam Al-Hakim dari sayyidah ‘Aisyah r.a.)

Ketiga: Q.S. Al-An’am

Dari Ibnu Abbas r.a., ia berkata, “Surah Al-An’am secara keseluruhan telah turun di Makkah pada malam hari, di sekelilignya adalah tujuh puluh ribu malaikat memekikkan tasbih.” (Hadis riwayat imam At-Thabarani dan imam Abu Ubaid di dalam kitab Fadhailnya)

Keempat: Q.S. Maryam

Diriwayatkan dari imam At-Thabarani dari Abi Maryam Al-Ghassani r.a., ia berkata , “Aku pernah mendatangi Rasulullah saw. lalu aku berkata, “Telah lahir anak perempuan (budak) milikku di malam hari.” Beliau pun bersabda, “Malam hari itu ketika surah Maryam diturunkan kepadaku, maka namailah anak perempuan itu Maryam.”

Selain keempat ayat dan surah yang turun di malam hari tersebut, imam Suyuthi juga menyebutkan Q.S. Al-Baqarah: 144 (meskipun masih diperdebatkan apakah ia termasuk ayat yang turun di siang hari atau malam hari), awal surah Al-Hajj, Q.S. Al-Ahzab: 59, Az-Zukhruf: 45, Awal surah Al-Fath, surah Al-Munafiqun, surah Al-Mursalat, dan surah muawwidzatain. Imam Suyuthi juga menyebutkan ayat yang turun antara malam dan siang hari, yakni di waktu Shubuh. Di antaranya adalah Q.S. Al-Maidah: 6 dan Q.S. Ali Imran: 128.

Demikianlah di antara ayat atau surah Al-Qur’an yang turun di malam hari. Wa Allahu a’lam bis shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here