Arti Nama Bulan Dzulqa’dah

0
411

BincangSyariah.Com – Bulan Dzulqa’dah merupakan bulan ke-11 dari bulan hijriah. Bulan Dzulqa‘dah termasuk bulan yang istimewa dalam Islam (Baca: Empat Keistimewaan Bulan Dzulqa’dah). Secara literal, bulan Dzulqa‘dah terdiri atas dua kata, yaitu dzu dan al-qa‘dah. Dalam bahasa Arab, dzu berarti ‘yang memiliki’, dan al-qa‘dah berarti ‘cara duduk’.

Imam Ibnu Manzur dalam Lisanul ‘Arab menyebutkan bahwa tradisi perang yang dilakukan orang Arab dihentikan pada bulan tersebut. Selain bulan mulia yang dilarang berperang, orang Arab pada masa itu memang sengaja beristirahat pada bulan Dzulqa‘dah. Artinya, orang Arab hanya berduduk-duduk santai di rumah-rumah mereka tanpa melakukan aktivitas. Hal ini mereka lakukan untuk mempersiapkan diri menunaikan ibadah haji pada bulan Dzulhijjah.

Baca Juga :  Empat Keistimewaan Bulan Dzulqa'dah


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here