Arti Mimpi Hamil dalam Islam

68
546348

BincangSyariah.Com – Mimpi hamil dalam Islam, apakah maknanya menurut ulama? Hamil atau mengandung calon bayi adalah sesuatu hal yang diidam-idamkan oleh pasangan suami istri, apalagi oleh pengantin yang baru menikah dan belum memiliki anak. Namun beberapa orang justru tidak menginginkannya karena alasan tertentu, bisa jadi karena sudah cukup banyak memiliki anak, karena alasan kecantikan dan lain sebagainya.

Umumnya, kehamilan adalah simbol kebahagiaan, itu jika benar-benar terjadi di dunia nyata. Lantas bagaimana jika kehamilan itu terjadi dalam mimpi kita? Atau kita melihat diri kita atau orang lain dalam keadaan hamil?

Sebelum beranjak kepada makna hamil dalam mimpi seseorang, perlu diperhatikan bahwa tidak semua mimpi yang dialami oleh manusia memiliki makna yang benar. Sebab, dalam Islam mimpi sendiri terbagi ke dalam tiga kategori. Pertama, mimpi yang berasal dari Tuhan (al-rukyah minallah) dan inilah mimpi yang benar.

Kedua, mimpi dari setan (al-rukyah minasy syaithan) biasanya berupa hal-hal yang menyeramkan atau tidak diinginkan. Ketiga, yang terakhir adalah mimpi yang berasal dari diri kita sendiri (hadits al-nafs). Mimpi yang berasal dari diri sendiri misalnya ketika kita sedang menikmati sebuah tontonan televisi di dunia nyata, dan terbawa sampai ke dalam mimpi. Itulah yang biasanya menjadi hadits al-nafs.

Di samping bahwa mimpi terbagi ke dalam tiga kategori, ada kriteria lain terkait siapa yang paling banyak mendapatkan mimpi benar di dalam tidurnya. Sebuah hadis riwayat Imam Muslim menyebutkan bahwa orang yang paling jujur di dunia nyata, dialah yang paling benar mimpinya, bisa saja dia akan mendapatkan pertanda yang akan dihadapi di dunia nyata sebelum itu terjadi.

إِذَا اقْتَرَبَ الزَّمَانُ لَمْ تَكَدْ رُؤْيَا الْمُسْلِمِ تَكْذِبُ وَأَصْدَقُكُمْ رُؤْيَا أَصْدَقُكُمْ حَدِيثًا

Baca Juga :  Pernah Mimpi Digigit Ular, Ini Maknanya Menurut Ibn Sirin

Apabila telah dekat hari kiamat, hampir saja mimpi seorang muslim tidak akan berbohong, yang paling benar mimpinya adalah yang paling benar ucapannya.. (HR. Muslim)

Berkaitan dengan mimpi hamil terdapat sebuah pendapat yang berasal dari Abu Bakar Muhammad bin ‘Umar al-Ihsa’i dalam Jami’ Tafasir al-Ahlam yang menyebutkan:

رؤية الحمل. وأما الحمل فهو للمرأة زيادة المال وللرجل حزن وقيل رؤية الحمل دليل على النعمة والمال سواء كان الرائي رجلا أو امرأة  ورؤية الصبي الذي دون البلوغ أنه حامل تؤول لوالده ورؤية الصبية ذلك لوالدتها  ومن رأى أن امرأته حامل فإنه يرجو شيئا من عرض الدنيا وقال بعضهم والحمل صالح للرجال والنساء على كل حال  ومن رأى أن شيئا من الحيوان حامل فهو خير ومنفعة خصوصا إن كان نوعه محبوبا

(Mimpi hamil) adapun mimpi hamil jika hal itu dialami oleh perempuan, maka itu adalah pertanda akan bertambahnya harta atau rezeki, sebaliknya jika dialami oleh laki-laki maka itu adalah pertanda akan munculnya kesedihan.

Adapula yang berpendapat bahwa mimpi hamil adalah petunjuk akan hadirnya kenikmatan dan harta di dunia nyata, sama saja baik yang memimpikannya adalah laki-laki atau perempuan.

Sedangkan apabila yang bermimpi adalah anak yang belum dewasa (baligh), maka mimpi tersebut ditujukan kepada orang tuanya. Apabila yang bermimpi adalah anak perempuan, maka mimpi tersebut ditujukan kepada ibunya, sedangkan jika yang bermimpi adalah anak laki-laki, maka mimpi tersebut diperuntukkan untuk ayahnya.

Jika seorang laki-laki melihat istrinya hamil, maka di dunia nyata ia sedang mengharapkan sesuatu yang berkaitan dengan urusan duniawi.

Pendapat lain juga mengatakan hal yang sama, bahwa mimpi hamil, siapapun yang memimpikannya, baik itu laki-laki atau perempuan maka sama-sama menunjukkan makna kebaikan dalam kondisi apapun. Dan bila seseorang melihat binatang yang hamil, maka itu pertanda bahwa akan hadirnya kemanfaatan dan kebaikan, khusus apabila binatang tersebut ia sukai.

Baca Juga :  Struktur Negara Khilafah dan Negara Kerajaan

Demikianlah beberapa makna dari mimpi hamil di dalam khazanah Islam, keterangan tersebut juga dapat dijumpai di dalam kitab Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam karya Ibn Sirin.

Pada intinya, mimpi hamil adalah mimpi baik yang memiliki makna akan diperolehnya kebaikan berupa harta atau kenikmatan di dunia nyata baik itu dimimpikan oleh laki-laki atau perempuan, anak-anak atau bahkan binatang kesanyangan kita. Meski demikian, tetap saja Allah SWT yang menentukan semuanya. Mari kita renungkan firman Allah dalam surah Yunus ayat 107.

وَإِنْ يَمْسَسْكَ اللَّهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا هُوَ ۖ وَإِنْ يُرِدْكَ بِخَيْرٍ فَلَا رَادَّ لِفَضْلِهِ ۚ

Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak kurnia-Nya.

wallahu a’lam.

68 KOMENTAR

  1. Kak klo sy sering sekali bermimpi hamil dan kadang puy bayi laki” sm perempuan itu gimna yh menurut y kak dan juga sy sering sekali bermimpi tntg buaya menurutnya itu bagai mn

  2. Kak tdi mlm sya mmpi hamil, dan baby nya kyak berintraksi gtu dlm perut. Nendang” Dan sya keliatan senang tp dlm keadaan mmpi gtu sya msh sadar klo sya blm nikah kak. Itu pertanda ap ya kak. Mhon penjelasannya kak

  3. Kak..semalam nya itu sya bermimpi bahawa sya hamil dan melahirkan..sya berasa senang banget kok..tpi..apa yg membuat sya bingung itu adalah sya tidak tahu siapa bapa kepada anak tersebut..gi mna ya?

  4. Td MLM sya brmimpi hamil besar hampir mw melahirkan sya bhagia sekali krna sdh mnikah 3 thn ,bllom mndptkn ank, apa ya arti mimpi sya, Krn SE igt sya ini mimpi ke dua sya,

  5. Kalo saya mimpi ada buaya lagi berenang di pinggir pantai,terus di atas buayanya ada anak kecil banyak banget
    Itu tanda nya apa ya

  6. Aku sering mimpi hamil sering juga mimpi tiba2 melahirkan punya anak juga,sering mimpi hamil muda ataupun hamil tua tapi saya blm menikah dan baru menikah tahun dpn, knp ya saya sering sekali mimpi kaya gtu

  7. kak saya bermimpi sy hamil, pdhl sy belum mnikah sm sekali, dan itu sudah sering sekali, tpi ga diketahui gitu siapa ayahnya, krn emng bnr bnr sy sndiri sm keluarga yg ngurus kehamilan sy

  8. Alhamdulillah mudah2n mimpi ku membawa rezeki dan kebahagian ..
    Semalam saya mimpi hamil udah 4bln dalam mimpi rasa nya saya seneeeng banget..padahal anak saya masih kecil umur 3thn dn asli nya blm sbrpa mengharap mau hamil lagi

  9. Assalamualaikum. Mau nanya .Tadi malam saya mimpi diri saya sedang hamil. Trus ke bangun dan saya kembali tidur .sewaktu tidur saya sudah pulas saya kembali lagi mimpi hamil. Itu pertanda apa yah??

  10. tdi mlm saya mimpi hamil..bkan nya saya gk mau d kasih anak lg tpi anak saya tpi anak saya udah 3 takut ny saya gk bisa mendidik nya apa lagi d jaman sekarang dunia udah kaya gini banyak pergaulan yg begitu mengerikn…apa arti dari mimpi ku semalm y

  11. Halo, mau tanya kak tadi malem saya mimpi melihat temen saya hamil diluar nikah dia masih SMP terus dia ngitungin tgl lalu pergi ke rumah orang yg udah berduka atas meninggalnya bayinya

  12. Ka saya semalam bermimpi mempunyai bayi laki2. Bayi nya itu cepat sekali berdiri jalan lari2 ..sya bhagia bnget dalam mimpi itu karna sya 8 thun mnikah blom di karuniai momongan moga aja itu pertana baik..moga sya m allah d kasih kehamilan amiiin.. y robal alamin..apa artinya ka

  13. Kak.. Aku d mimpiin sama teman kerja aku kalau aku hami.. Awal.y dia blng masih kecil tp setelah 1 minggu gk masuk kerja hamil.y aku langsung besar.. Arti.y apa ya kak.. Itu cerita dr mimpi teman akuu..

  14. Kak.. Aku d mimpiin sama teman kerja aku kalau aku hami.. Awal.y dia blng masih kecil tp setelah 1 minggu gk masuk kerja hamil.y aku langsung besar.. Arti.y apa ya kak.. Itu cerita dr mimpi teman akuu..

  15. Kak.. Aku d mimpiin sama teman kerja aku kalau aku hami.. Awal.y dia blng masih kecil tp setelah 1 minggu gk masuk kerja hamil.y aku langsung besar.. Arti.y apa ya kak.. Itu cerita dr mimpi teman akuu..

  16. Assallamu all aikum wr.wb
    Mohon izin kalau saya bisa bertanya,
    Semalam saya Mimpi Kalau saya Dan ipar dari sepupu saya sedang hamil,,sedangkan saya lagi haid,,itu pertanda apa kak?

  17. Assallamu all aikum wr.wb
    Mohon izin kalau saya bisa bertanya!
    Semalam saya Mimpi Kalau saya Dan ipar dari sepupu saya sedang hamil,,sedangkan saya lagi haid,,itu pertanda apa kak?

  18. Sy ingin bertanya..sy bermimpi 5 bulan tapi di dlm mimpi sy..teman sesama kerja sy..menyuruh menggoreng suatu makanan.
    Katanya..goreng yang enak, biar sy suka memakannya..dia ngomong seperti itu..apa arti dari hubungan mimpi sy itu? Tolong pencerahannya…!

  19. Tdi mlm sy mimpi hamil sekitaran 4 bln pdhl sy blm nikah tapi di mimpi itu ada laki” yg jdi pasangan saya tapi sy tdk kenal dgn laki” itu. Pertanda apa itu

  20. Saya seorang gadis, pernah bermimpi hamil dan seharian setelah mimpi itu saya merasa sial terus. Saya ke rumah saudara dan tanpa diminta ibu saya cerita ke saudara bahwa saya sedang ragu dgn lowongan kerja yg mengundang saya untuk psikotest. Diskusilah kami sampai jam setengah 2 siang tapi daripada memberi penerangan saya justru semakin merasa tertekan. Pulang ke rumah saya baru makan jam 2. Sore hujan mengguyur, atap saya bocor dan saya blm memiliki keputusan terkait lowongan. Saya tahu saat banyak pikiran saya lebih baik tdk memegang barang kaca tp pas mau makan saya membawa mangkok kaca berisi lauk. Saya terpeleset air hujan. Mangkok pecah, lauk berhamburan, dan lutut kanan saya memar sampai hari ini. Sore itu saya akhirnya makan nasi dgn tempe goreng yang dibaluri air garam. Saya kemudian dpt info bahwa psikotest diundur (saya bersyukur). Sampai skrg saya masih menganggur

  21. Saya seorang gadis, pernah bermimpi hamil dan seharian setelah mimpi itu saya merasa sial terus. Saya ke rumah saudara dan tanpa diminta ibu saya cerita ke saudara bahwa saya sedang ragu dgn lowongan kerja yg mengundang saya untuk psikotest. Diskusilah kami sampai jam setengah 2 siang tapi daripada memberi penerangan saya justru semakin merasa tertekan. Pulang ke rumah saya baru makan jam 2. Sore hujan mengguyur, atap saya bocor dan saya blm memiliki keputusan terkait lowongan. Saya tahu saat banyak pikiran saya lebih baik tdk memegang barang kaca tp pas mau makan saya membawa mangkok kaca berisi lauk. Saya terpeleset air hujan. Mangkok pecah, lauk berhamburan, dan lutut kanan saya memar sampai hari ini. Sore itu saya akhirnya makan nasi dgn tempe goreng yang dibaluri air garam. Saya kemudian dpt info bahwa psikotest diundur (saya bersyukur). Sampai skrg saya masih menganggur

  22. Sblmx maaf, sebenarx mimpi tu rahasia Yg Maha Kuasa sm orng yg memimpikan, krn sebuah mimpi adalah titipan amanah yg harus perlu qt jaga. Jika amanah tersebut qt sering cerita ke orang orang maka amanah dariNYA akan dibatasi dan tak akan berikan amanah lewat mimpi tersebut. Intix kembali dr pribadi qt masing”
    Trm ksh.

  23. Assalamualaikum,ka sebelumnya saya mau bertanya?pas malem kemarin baru pertama kali aku mimpiin diri sendiri hamil,sedangkan aku sendiri belum berkeluarga dan bahkan belum punya pasangan sama sekali.itu pertanda apa ya ka ?Mohon penjelasannya

  24. Assalamualaiku
    Semalam saya memimpikan saudara yang sudah 3tahun belum di karuniai anak di dalam mimpi dia hamil besar dan ingin melahirkan ,itu tanda apa yah? Semoga saja pertanda baik

  25. Kak kemarin pas habis tidur siang suami sy bilang,dia mimpi kalau sy sedang hamil besar dan sedang ingin melahirkan,dn stelah melahirkan anaknya perempuan.
    Kami sudah menikah sudah hampir 6 bulan..tpi blum ad tanda2 kalau sy sedang hamil.
    Kira2 arti mimpi suami sy itu ap yah kak..

  26. Kk tdi malam.saya tidur terus mimpi..tiba tiba saya udh punya anak laki laki aja …masih berumur sekitar 8 bulan…terus saya kepasar….anak saya di culik….

    NYATANYA
    Saya Sudah Menikah Selama 3 Tahun…
    Belum Mempunyai Anak…
    Dan Pas Saya Mimpi…
    Saya Lagi Menstruasi.
    Tolong Di jawab

  27. Saya bermimpi (mungkin sudah) menikah dan bersuamikan kakak kelas saya sewaktu MA, juga dalam keadaan hamil (belum pasti). Karena dalam mimpi itu agak panjang, saya masih harus memeriksakan kondisi saya benar hamil atau tidak tetapi mimpi itu langsung terpotong ketika ibu saya berkata, beliau tidak akan menemani saya untuk pergi.

  28. Saya mau tanya adik saya sedang hamil 6bulan ..malam selasa dy bermipi ada se orang laki laki berpakaian seperti ustat dengan belut putih melingkar ditanganya..dy ingin menitipkan belum putih itu ke dalam perut nya adik sy yg sedang hamil..adik saya menerimanya lalu belut putih itu dimasukan keperut adik sy lewat kemaluanya adik sy…apakah arti dr mimpi itu baik apa buruk..

  29. Saya semalam bermimpi hamil
    padahal saya belum menikah
    dan usia saya pun masih 16th
    saya binggung pertanda apakah ini yaallah

  30. Assalamu’alaikum…
    ‘Afwan,, saya sudah menikah dan belum dikaruniai buah hati. Dan tiba tiba tadi malam saya bermimpi sedang hamil tua dan disetubuhi suami. Apakah makna mimpi saya ini menurut islam?
    Syukron,,
    Wassalamu’alaikum…

  31. Tadi tidurr saya bermimpi saya hamil..saya terjaga dari mimpi tu dan tidur balik mimpi tuu masih ada saya tskot perkara buruk akan menimpa diri saya kerana saya masih 15tahun

  32. Semalam saya mimpi hamil 7 bulan dan tiba2 melahirkan nya sendiri drumah ka, kira2 arti nya ap ya ka

  33. Ka tdi mlm saya mimpi hamil besar. Sy seneng bgt .karna sy sudah berkluarga 6 thn blm di ksh momongan. Mimpinya jelas bgt.. Terus saya kbangun.. Sy tdr lg . Sya mimpi lg yg kdua lg gendong bayi.. Ka tlng pnjelasanya.apa arti dri mimpi itu..

  34. Asalamualaikum,maap ya ka.
    Ka, klo saya sudah menikah sudah memiliki anak yg brausia 6 bulan.
    Tdi malam saya mimpi klo saya hamil hamilnya keliatan besar banget dalam mimpi,rasanya sangat senang. Kira2 itu pertanda apa ya ka.

  35. Wassalamu’alaikum maaf ya ka saya mau nanya saya sudah pnya ank 2 yg satu ank saya umur 4 tahun lebih yg kedua umur 17 bulan tapi semalem saya mimpi hamil lagi itu pertanda apa ya ka

  36. wassalamu’alaikum maaf ya ka saya mau nanya saya sudah punya 2 ank yg satu umur 4 tahun yg satu lagi umur 17 bulan tapi semalem saya mimpi hamil lagi itu pertanda apa ya ka

  37. Asalamualaikum wr wb,kak saya mimpi ngehamilin orang yang ga saya kenal tapi dia kerumah saya trus nuduh aku yang ngehamilin nya padahal saya gak tau apa-apa, saya takut kenapa napa tolong di jawab yah Kak Assalamu’alaikum,

  38. Mau nanyak tolong dijawab, pas aq nulis ini aq terbngun dari mimpiku , aq mah dihmili oleng kk kandungku sendiry itu pertanda apa yaa kk tolong djawab, krna pas bngun tdur aq lngsyng pgang perut karn tkur

  39. Mau nanyak tolong dijawab, pas aq nulis ini aq terbngun dari mimpiku , aq mah dihmili oleng kk kandungku sendiry itu pertanda apa yaa kk tolong djawab, krna pas bngun tdur aq lngsyng pgang perut karn tkur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here