Arti Mimpi Buang Air Besar Menurut Islam

0
146

BincangSyariah.Com – Buang air besar merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup. Ini merupakan kenikmatan yang Allah berikan pada makhluk-Nya. Bayangkan bila seseorang kesulitan buang air besar, berapa besar biaya yang perlu dikeluarkan untuk berobat ke rumah sakit. Tapi bagaimana bila kita pernah mengalami mimpi buang air besar? Apa arti mimpi buang air besar menurut ulama Islam? (Baca: Tafsir Mimpi Wudhu dan Tayamum Menurut Ulama)

Menurut Imam Abu Bakar bin Muhammad al-Hanafi al-Ihsa’i dalam kitab Tanbih al-Afham bi Ta’wil al-Ahlam, mimpi buang air besar itu menandakan dua hal. Pertama, orang yang mimpi itu sedang mengalami ketakutan karena penguasa atau atasannya yang menekan. Kedua, orang yang mimpi itu pertanda akan mengalami kerugian dalam usahanya. Jika yang bermimpi itu sedang dalam keadaan bepergian, ia akan mengalami keadaan buruk, yaitu ada orang jahat yang akan membegalnya.

Di samping itu, Imam Abu Bakar al-Hanafi al-Ihsa’i juga menafsirkan mimpi orang buang air besar di suatu tempat yang dikenal itu pertanda ia akan menginfakkan hartanya berdasarkan hawa nafsu. Bila mimpi buang air besar di tempat yang tidak dikenal, itu pertanda ia akan menginfakkan harta yang haram.

Selain itu, orang yang mimpi buang hajat besar di pakaian itu pertanda ia akan melakukan perbuatan dosa. Tapi, bila mimpi buang hajat besar di kasur, itu pertanda ia akan mengalami sakit keras atau bercerai dengan pasangannya.

Bila seseorang bermimpi menunaikan hajat besar di tempat terbuka, kemudian kotorannya itu ia tutupi dengan debu, menurut Imam Abu Bakar itu pertanda ia akan menyimpan harta di suatu tempat.

Di samping itu, Imam Abu Bakar juga mengartikan orang yang bermimpi memakan kotoran. Orang yang bermimpi seperti ini pertanda ia akan mendapatkan harta haram atau mengungkapkan perkataan kotor yang akhirnya ia sesali sendiri.

Baca Juga :  Ini Tiga Musuh Manusia yang Sebenarnya

Ada juga arti mimpi buang hajat sementara yang dikeluarkan berupa hewan, itu pertanda ia akan mendapatkan anak yang baik. Sementara itu, orang yang bermimpi menduduki kotoran itu pertanda ia akan mendapatkan harta dari kerabat atau akan mendapatkan warisan. Wallahu a’lam bis shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here