Apa Jadinya Jika Iblis Bertaubat?

1
2767

BincangSyariah.Com – Sebagaimana kita tahu, dengan kesombongannya, Iblis tidak mau sujud kepada manusia, bahkan ia berjanji akan mengganggu semua anak cucu Adam sampai hari kiamat. Lalu, apa jadinya jika iblis bertaubat?

Konon, suatu ketika iblis berkunjung kepada pemuka-pemuka agama yang melaknat dan mengutuknya supaya mereka memberi saran agar taubatnya dapat diterma Allah. Semua pemuka agama tidak mengetahui bagaimana menghadapi permintaannya itu dan apa yang harus mereka lakukan.

Karena “Jika taubat iblis diterima apa jadinya dan bagaimana kesudahan kepercayaan tentang dosa warisan dan jalan keselamatan yang merupakan dampak dari dosa iblis?” begitu pikir pendeta Kristen.

Rabi Yahudi pun tidak berdaya, karena benaknya berkata, “Bila taubat iblis diterima, di mana lagi tempat orang-orang Yahudi, yang merupakan bangsa pilihan Tuhan, di antara bangsa-bangsa lain yang disesatkan iblis?”

Imam besar Islam pun tidak berdaya, karena dia khawatir, “Kalau taubat iblis diterima bagaimana jadinya perintah berta’awwudz/memohon perlindungan Allah dari setan terkutuk?”

Mendengar semua itu, Iblis berteriak “Eksistensi saya diperlukan untuk wujudnya kebaikan; jiwa saya yang penuh kegelapan harus terus demikian agar dapat merefleksikan cahaya ilahi.”

Demikianlah ilustrasi Taufiq Al-Hakim, sastrawan Kontemporer Mesir tentang apa jadinya jika iblis bertaubat yang dikutip oleh Prof. Quraish Shihab di dalam bukunya Yang Jenaka dari M. Quraish Shihab halaman 75-76. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Kisah Wanita Yahudi yang Berencana Bunuh Nabi

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here